Apa Saja Dampak yang Ditimbulkan Covid-19?

    Raka Lestari - 09 April 2020 09:06 WIB
    Apa Saja Dampak yang Ditimbulkan Covid-19?
    Dengan adanya pandemi covid-19 ini, banyak sekali aktivitas masyarakat yang harus berubah. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Pandemi covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia tentunya memberikan dampak negatif yang mungkin dirasakan oleh kebanyakan orang. Dengan kasus kematian lebih dari 70.000 dan dampaknya pada ekonomi dunia, banyak orang berharap agar pandemi covid-19 ini bisa segera berakhir.

    Dengan adanya pandemi covid-19 ini, banyak sekali aktivitas masyarakat yang harus berubah. Akan tetapi, perubahan-perubahan karena covid-19 ini memiliki dampak lain yang menguntungkan.

    Dilansir dari South China Morning Post, Hahn Chu, direktur advokasi lingkungan di The Green Earth, sebuah LSM di Hong Kong mengatakan pandemi ini harus dilihat sebagai peringatan untuk mengubah kebiasan-kebiasaan kita selama ini.

    Dr Amy Wang, seorang dokter umum di Hong Kong juga mengatakan bahwa dengan adanya pandemi covid-19 ini banyak orang yang lebih sadar mengenai kebersihan diri dan kesehatan mereka. Kemudian memberikan perhatian lebih kepada diri sendiri.

    Relationship and wellness coach Sonia Samtani juga mengatakan bahwa saat ini orang-orang bisa lebih melakukan evaluasi kembali hubungan pribadi mereka dengan keluarga atau orang-orang terdekat. Selain itu juga bisa lebih menghormati mengenai kebebasan pribadi setiap orang.

    Berdasarkan Clean Air Network, sebuah LSM dari Hong Kong menyebutkan bahwa work from home telah menyebabkan pengurangan polusi udara. Serupa dengan hal itu, Centre for Research on Energy and Clean Air, sebuah organisasi penelitian independen melaporkan bahwa sebelum 1 Maret lalu, emisi karbon dioksida Tiongkok turun 200 juta ton atau 25 persen, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    “Selama ini kita selalu melihat manfaat dari menggunakan teknologi dalam membantu kegiatan sehari-hari kita. Akan tetapi di sisi lain, di tengah pandemi covid-19 ini dimana setiap orang haru melakukan jarak antara fisik maka semakin berkurang juga polusi udara yang dihasilkan,” ujar Chu.

    Selain itu, ia juga menekankan bahwa penggunaan pemutih yang berlebihan sebagai disinfektan dapat membahayakan kesehatan diri sendiri dan juga lingkungan. Setiap tindakan yang dilakukan tentu memang ada pro dan kontra.

    “Misalnya, ketika kita membeli makanan takeaway, kita bisa mencoba membawa wadah sendiri dan menghindari menggunakan alat makan sekali pakai,” tutupnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id