Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Kemungkinan Anda Bermimpi

    Raka Lestari - 22 April 2019 09:00 WIB
    Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Kemungkinan Anda Bermimpi
    Beberapa orang memiliki ingatan yang cukup baik dibandingkan dengan beberapa orang lainnya. Dan ternyata ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang membuat Anda lebih mungkin untuk bermimpi dan mengingat mimpi Anda. (Foto: Pexels.com)
    Dilansir dari Wikipedia, mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep). 


     
    Jakarta:
    Beberapa orang memiliki ingatan yang cukup baik dibandingkan dengan beberapa orang lainnya. Dan ternyata ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang membuat Anda lebih mungkin untuk bermimpi dan mengingat mimpi Anda. 

    Masalahnya adalah, beberapa kebiasaan yang dapat membuat Anda mengingat mimpi yang dialami seringnya tidak benar-benar mendukung tidur yang nyenyak. 

    Ada begitu banyak hal yang Anda lakukan selama seharian yang dapat berdampak pada tidur Anda, dan pada gilirannya faktor-faktor tersebut dapat memiliki efek dalam bermimpi.

    Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang dapat berdampak pada mimpi Anda:

    1. Mengonsumsi makanan yang membuat perut tidak nyaman

    Salah satu makanan yang paling sering dianggap dapat menyebabkan lebih banyak bermimpi, terutama mimpi buruk adalah keju. Ini terdengar aneh, tetapi sepertinya makan keju sebelum tidur tidak menyebabkan mimpi, melainkan menyebabkan seseorang mengingat mimpi mereka. 

    Menurut Psychology Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang percaya bahwa makanan tertentu dapat menyebabkan mereka mengalami mimpi, umumnya dihubungkan dengan makanan berbahan dasar susu atau makanan pedas.

    (Baca juga: Manfaat Mimpi untuk Jiwa Anda)

    Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Kemungkinan Anda Bermimpi
    (Beberapa orang memiliki ingatan yang cukup baik dibandingkan dengan beberapa orang lainnya. Dan ternyata ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang membuat Anda lebih mungkin untuk bermimpi dan mengingat mimpi Anda. Foto: Pexels.com)

    2. Makan terlalu larut malam

    Sama seperti makanan tertentu, makan terlalu larut malam juga dapat berdampak pada metabolisme dan keadaan perut seseorang, yang bisa menyebabkan lebih banyak terbangun di tengah malam. 

    Menurut Sleep.org, makan dalam jumlah besar sesaat sebelum tidur malam dapat meningkatkan suhu dan metabolisme Anda yang menghasilkan lebih banyak aktivitas otak selama tahap REM (saat Anda bermimpi). 

    3. Mengonsumsi alkohol sebelum tidur

    Menurut Jessica Vensel-Rundo, MD, dari Cleveland Clinic, "Minum alkohol sebelum tidur menyebabkan tidur Anda lebih terfragmentasi atau lebih banyak gangguan saat tidur." Ini juga bisa mengarah pada mimpi atau mimpi yang buruk dan peningkatan risiko tidur sambil bermimpi.

    4. Kurang tidur

    Menurut sebuah studi pada tahun 2007 yang terdapat pada artikel "Strange but True: Less Sleep Means More Dreams" menjelaskan fenomena di mana kurang tidur meskipun hanya satu malam akan menyebabkan peningkatan waktu dalam REM (Rapid Eye Movement) pada waktu tidur berikutnya. 

    Ahli saraf Mark Mahowald menjelaskan, "Ketika seseorang kurang tidur, kita melihat intensitas tidur yang lebih besar, yang berarti aktivitas otak yang lebih besar selama tidur. Dan kemungkinan bermimpi pasti akan meningkat."

    5. Melakukan hal-hal yang membantu Anda tidur nyenyak keseluruhan

    Menurut Dr Shalini Paruthi, direktur Pediatric Sleep and Research Center di SSM Cardinal Glennon Children's Hospital, mengatakan bahwa tidur yang nyenyak adalah hal terpenting yang dapat dilakukan seseorang untuk bermimpi. 

    Untuk mencapai ini, ada banyak cara klasik yang bisa dilakukan seperti tidur di ruangan gelap dengan suhu dingin, membaca buku, mandi, bermeditasi, tidak berolahraga terlalu siang, dan tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id