Tips Mengaplikasikan Sunscreen pada Anak

    Raka Lestari - 27 Juli 2020 11:00 WIB
    Tips Mengaplikasikan Sunscreen pada Anak
    Mengaplikasikan sunscreen pada anak sebelum berenang juga termasuk bagian lain selain wajah dan leher. (Foto: Freepik)
    Jakarta: Mengaplikasikan sunscreen secara tepat pada anak merupakan hal yang harus diperhatikan. Hal ini selain mencegah terkena sunburn tetapi juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

    Namun beberapa orang tua, terkadang melakukan kesalahan-kesalahan umum saat mengaplikasikan sunscreen pada anaknya.

    “Meskipun sunscreen merupakan hal yang krusial, tetapi mengandalkan sunscreen saja untuk melindungi tubuh dari matahari tidaklah cukup. Untuk bisa melindungi secara efektif, orang tua sebaiknya juga memberikan anak kacamata hitam dan untuk untuk dikenakan,” ujar Dr Anna Bender, dokter kulit anak di Weill Cornell Medicine dan NewYork-Presbyterian.

    Ketika mengaplikasikan sunscreen, orang tua terkadang lupa untuk mengaplikasikan pada bagian tubuh lainnya seperti kuping, garis rambut dan bagian atas kaki. 

    Bibir juga bagian yang sering terlupakan. Bagian bawah bibir sangat rentan mengalami sunburn karena langsung terkena paparan sinar matahari. Itulah mengapa Dr Bender merekomendasikan untuk mengaplikasikan juga lip balm yang mengandung SPF 30 atau lebih.

    Mengapliasikan sunscreen juga harus mengenai seluruh tubuh anak. Dan menurut Dr Bender, orang tua sebaiknya mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali dan setelah anak berkeringat atau berenang.

    Sunscreen bentuk spray merupakan yang paling mudah digunakan, terutama ketika anak menolak menggunakannya. Namun sebenarnya sunscreen yang berbentuk krim adalah yang paling efektif. 

    Akan tetapi, jika orang tua ingin menggunakan yang berbentuk spray, usahakan untuk menyemprotnya sebanyak dua kali untuk memastikan seluruh tubuh terkena sunscreen.

    Namun Dr Bender menyarankan agar orang tua tidak mengaplikasikan sunscreen atau menyemprotkan sunscreen berbentuk spray tersebut dekat muka atau mulut karena kemungkinan besar anak bisa menghirupnya dan bahan-bahan di dalamnya bisa mengiritasi paru-paru anak. 

    Sebagai gantinya, orang tua bisa menyemprotkan sunscreen tersebut ke tangan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke muka anak. Orang tua juga harus memerhatikan sunscreen yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida.


    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id