Plasma Konvalesen, Harapan Baru Tangani Covid-19?

    Sunnaholomi Halakrispen - 08 September 2020 20:16 WIB
    Plasma Konvalesen, Harapan Baru Tangani Covid-19?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan secara resmi memulai penelitian uji klinik terapi plasma konvalesen pada pasien covid-19. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 8 September 2020.

    Empat rumah sakit akan mulai uji klinis ini, yakni RSUP Fatmawati Jakarta, RS Hasan Sadikin Bandung, RS Dr. Ramelan Surabaya, dan RSUD Sidoarjo Jawa Timur. Selanjutnya, akan segera diikuti oleh 20 rumah sakit lainnya.

    Menurut Plt. Kepala Badan Litbangkes, dr. Slamet, uji klinik pemberian plasma konvalesen ini akan merekrut sebanyak 364 pasien sebagai partisipan.

    "Ditargetkan dalam tiga bulan ke depan penelitian ini akan selesai dan mendapatkan hasil atau bukti terhadap keamanan dan efektivitas terapi plasma konvalesen ini," ujar dr. Slamet.

    Penggunaan plasma darah dalam pengobatan bukanlah hal baru. Penggunaan plasma dari penderita yang sembuh sebagai terapi telah dilakukan untuk pengobatan pada wabah penyakit flu babi pada tahun 2009, Ebola, SARS, dan MERS.

    Terapi plasma konvalesen pada covid-19 hingga kini hanya boleh digunakan untuk kondisi kedaruratan dan dalam penelitian. Manfaat terapi ini masih kontroversial karena masih belum cukup bukti yang menunjukkan efektivitasnya. Uji klinis acak dengan grup pembanding (randomized controlled trial) ini adalah bagian penting untuk menjawab kontroversi ini.

    Sesuai namanya, terapi ini dilakukan dengan memberikan plasma, yaitu bagian dari darah yang mengandung antibodi dari orang-orang yang telah sembuh dari covid-19. Para penyintas covid-19 ini bisa menjadi donor plasma konvalesen dengan menjalani sejumlah pemeriksaan dan memenuhi persyaratan.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id