Mengenal 3 Jamur Berbentuk Bulat

    Sunnaholomi Halakrispen - 28 Juni 2020 12:03 WIB
    Mengenal 3 Jamur Berbentuk Bulat
    Berikut ini adalah jamur yang bentuknya bulat. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Tahukah Anda bahwa jamur terbuat dari 90 persen air? Tubuh jamur berdaging dan mengandung spora. Tanaman ini dikenal sebagai daging dari dunia sayuran. Jamur ada banyak jenisnya dan yang bisa dikonsumsi pun beragam. 

    Misalnya, jamur yang menyerupai bentuk bulat. Setidaknya ada tiga macam jamur yang berbentuk seperti bulat, dan masing-masing memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan manusia. Berikut penjelasannya, dikutip dari Times of India.

    Mengenal 3 Jamur Berbentuk Bulat
    (Jamur kancing putih atau jamur champignon. Foto: Dok. Thespruceeats.com)

    1. Jamur kancing putih

    Jamur kancing putih adalah jamur yang paling umum dan paling tersedia di pasar India. Jamur kancing, juga dikenal sebagai jamur yang dibudidayakan atau champignon (de Paris), memiliki aroma yang kurang intens dibandingkan banyak jenisnya yang lebih eksotis. 

    Jamur ini paling baik digunakan dalam sup, salad, dan pizza. Meskipun kepercayaan umum bahwa jamur ini tidak sesehat jamur yang lain, namun jamur kancing putih memiliki beberapa manfaat kesehatan yang menarik. 

    Pertama, rendah kalori dan gula. Jamur ini kaya akan protein dan karena paparan sinar matahari, jamur adalah sumber vitamin D2 non-hewani. Ini membantu penyerapan kalsium dalam tubuh Anda dan membantu menjaga tulang Anda kuat. 

    Selain itu, kaya akan vitamin B12 yang merupakan vitamin yang didapat dari hewan dan karenanya jamur adalah pilihan yang baik untuk vegetarian. Jamur putih juga dikenal memiliki sifat melawan kanker dan membantu mengurangi kadar gula darah, meningkatkan resistensi insulin, prebiotik, dan membantu meningkatkan bakteri usus.

    Mengenal 3 Jamur Berbentuk Bulat
    (Jamur jerami padi. Foto: Dok. Esteem)

    2. Jamur jerami padi

    Ini adalah salah satu jamur yang termudah untuk dibudidayakan. Jamur jerami padi pertama kali dibudidayakan di India pada tahun 1940. Jamur yang satu ini sama populernya dengan jamur kancing putih, karena rasanya, aroma, kelezatan, dan nutrisi. 

    Jamur jerami padi kaya dengan protein, serat, zat besi, vitamin B dan vitamin C, juga memiliki mineral asam folat ekstra, kalium dan tembaga. 

    Manfaat kesehatan jamur ini termasuk mengurangi kolesterol dalam sistem pencernaan, memiliki insulin alami yang baik untuk penderita diabetes, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan vitamin D-nya memperkuat tulang. Juga mencegah anemia dan baik untuk kesehatan jantung.


    Mengenal 3 Jamur Berbentuk Bulat
    (Jamur Portobello. Foto: Dok. Doctoroz.com)

    3. Jamur Portobello

    Jamur Portobello merupakan tanaman asli dari padang rumput Eropa dan Amerika Utara. Adalah salah satu jamur yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Saat muda, jamur portobello biasa dikenal sebagai jamur kancing putih. 

    Jamur ini mengesankan karena ukuran dan teksturnya yang gemuk serta rasa yang menggugah selera. Mirip dengan varietas lainnya, portobello adalah salah satu sumber alami vitamin D. Jamur ini kaya akan tembaga dan selenium yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membentuk jaringan ikat, memetabolisme besi, serta menghasilkan energi dan antioksidan. 

    Jamur portobello juga memiliki kandungan niacin atau vitamin B6 yang membantu memetabolisme makanan menjadi energi dan mensintesis asam lemak. Vitamin B6 sangat penting bagi tubuh kita karena hadir dalam lebih dari 100 aksi kimia dalam tubuh kita.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id