Kista Berpotensi Kanker?

    Sunnaholomi Halakrispen - 03 Februari 2020 12:09 WIB
    Kista Berpotensi Kanker?
    Salah satu tanda berpotensinya kanker ialah adanya benjolan di tubuh. Namun, tak semua benjolan tersebut merupakan kanker. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Salah satu tanda berpotensinya kanker ialah adanya benjolan di tubuh. Namun, tak semua benjolan tersebut merupakan kanker, karena benjolan kanker ialah jenis tumor ganas.

    "Dikatakan ganas karena bisa menyebar ke tempat lain. Ada kemungkinan tumor jinak suatu saat bisa berubah menjadi kanker. Makanya tiap tumor harus dikelola dengan baik," tutur Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM, Ahli Hematologi Onkologi Medik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), di Tjikinii Lima Resto, Cikini, Jakarta Pusat.

    Kista kerap kali dikaitkan sebagai potensi penyakit kanker, karena benjolan di tubuh bisa disebabkan oleh adanya kista. Namun, untuk hasil yang lebih akurat, Anda bisa meminta dilakukannya biopsi.

    "Kista itu ada cairan di dalamnya. Bisa diambil lalu dicari tahu ke dokter, pastikan apakah itu bisa ganas," paparnya. 

    Benjolan pada kanker atau tumor ganas, biasanya tidak bergerak atau tidak bisa digerak-gerakkan ketika Anda mencoba menggoyangkannya. Kemudian, ketika Anda menyentuh benjolan itu, bentuknya cenderung padat atau keras.

    Sedangkan, benjolan pada kista bisa berada di mana saja di sekitar tubuh. Bentuknya cenderung lembut atau bisa berwarna kemerahan dan bisa digerakkan. Namun, kista bisa berpotensi berkembang menjadi tumor.

    Jika ada benjolan, kata dr. Ikhwan, datanglah segera ke dokter spesialis. Nantinya, akan diobservasi atau diteliti lebih lanjut lagi secara keseluruhannya. 

    "Karena di manapun kalau kedokteran, tanpa hasil biopsi maka tidak ada pengobatan. Langkah pertama sebetulnya imaging city scan. Ada juga yang pakai path scan, tapi itu hanya menentukan bahwa, oh iya ini kemungkinan besar adalah kanker," tambahnya.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id