Mengenal Kanker yang Dialami Mendiang Ria Irawan

    Sri Yanti Nainggolan - 06 Januari 2020 12:19 WIB
    Mengenal Kanker yang Dialami Mendiang Ria Irawan
    RIa Irawan (Instagram)
    Jakarta: Kabar duka menyelimuti dunia perfilman Indonesia, Rabu 6 Januari 2020. Aktris Ria Irawan meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker Kelenjar Getah Bening.

    Kanker ini di dunia medis dikenal dengan Limfoma Hodgkin. Bagi penderita, kanker ini biasanya ditemukan benjolan di leher dan kepala.

    Menurut dr Arry H Reksodiputro, SpPD-KHOM kepada Medcom.id menyatakan ini adalah penyakit kanker yang pertama kali dikenali di dunia.

    "Gejala yang paling terlihat adalah benjolan, seperti ketiak, leher, dan lipatan pada paha," terang dr. Arry.

    Sistem kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Fungsi dari kelenjar yang dikenal juga dengan nama limfa itu adalah melawan infeksi.
     
    Gangguan limfoma terbagi atas dua jenis, yaitu Hodgkin dan non-Hodgkin. Keduanya dapat dibedakan berdasarkan pemeriksaan biopsi, tetapi tak memiliki perbedaan dalam hal gejala.
     
    Beberapa gejala umum dari kanker limfoma Hodgkin adalah demam naik turun, keringat dingin, dan penurunan berat badan drastis hingga 10 persen dalam waktu singkat. Selain itu, kelelahan, hilang nafsu makan, batuk berkepanjangan, dan pembesaran limpa atau hati juga menjadi gejala bisa dideteksi.
     
    Kanker limfosa Hodgkin lebih banyak menyerang usia dewasa muda, yaitu di atas 35 tahun. Sementara, kanker limfosa non-Hodgkin menyerang usia lanjut, yaitu di atas 54 tahun.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id