Cara Membersihkan Lidah Si Kecil

    Yatin Suleha - 06 Januari 2020 17:58 WIB
    Cara Membersihkan Lidah Si Kecil
    Mudah membersihkan lidah si kecil. Berikut caranya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Bayi di bawah 12 bulan juga harus dijaga kebersihan lidahnya, walaupun ia belum punya gigi yang banyak. Menurut drg. Ning Agustin, SpKGA menjaga kebersihan mulut itu perlu. Selain gigi, di dalam mulut juga terdapat gusi dan lidah yang juga harus dibersihkan. 

    Dan seperti gigi, lidahpun harus dibersihkan secara teratur. Bila tidak dibersihkan, bakteri pada lidah semakin lama akan semakin menumpuk. Tanda-tandanya ada bercak-bercak putih hingga sariawan di lidah. 

    Bagi Anda ibu baru, jangan pusing cara membersihkan lidah tak serumit menyikat gigi, cukup menggunakan alat pembersih lidah, lakukan gerakan menarik dari arah dalam ke luar.

    Jika sulit melakukannya Anda bisa menggunakan sikat gigi si kecil, caranya sama tarik sikat gigi pada permukaan lidah searah dari bagian dalam ke luar. 

    Cara Membersihkan Lidah Si Kecil
    (Bagi Anda ibu baru, jangan khawatir untuk membersihkan lidah si kecil. Gunakan kain kasa dan celupkan dalam air hangat. Kemudian lakukan tarikan di lidahnya dari dalam ke arah luar satu arah. Lakukan hingga lidah si kecil bersih. Lakukan bersamaan saat memandikan si kecil. Foto: Pexels.com)

    Anda juga bisa membersihkan lidah si kecil menggunakan kain kasa yang dibasahi dengan air hangat. Bersihkan dengan cara menyentuh lidah si kecil satu arah (menghadap ke arah luar atau depan mulut) dan usahakan hanya satu arah saja, karena jika banyak arah maka akan menyebabkan rasa mual. 

    Hindari membersihkan lidah si kecil hingga ke bagian dalam lidahnya karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dapat membuat si kecil trauma. 

    Menurut sebuah penelitian kesehatan mulut akan memengaruhi kesehatan seluruh tubuh. Hal ini penting karena rongga mulut merupakan gerbang utama masuknya bakteri maupun virus ke dalam tubuh. Jadi, jangan malas untuk membersihkan lidah si kecil selain giginya yang baru beberapa tumbuh ya.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id