Belum Dievakuasi, Ini Tips Aman Bertahan saat Banjir

    Sunnaholomi Halakrispen - 03 Januari 2020 17:14 WIB
    Belum Dievakuasi, Ini Tips Aman Bertahan saat Banjir
    Banjir Jakarta (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)
    Jakarta: Banjir menerjang di segala tempat, bahkan perumahan yang sebelumnya tak pernah kebanjiran, terkena imbasnya. Kekhawatiran kian melanda, setelah bantuan untuk evakuasi tak kunjung datang.

    Meski begitu, dibutuhkan sikap tenang, agar beberapa tips aman untuk bisa bertahan ketika diterjang banjir bisa Anda lakukan.

    1. Berdiam diri

    Jangan bertekad untuk berjalan, berenang, apalagi melewati area yang terdampak banjir. Sebab jika Anda tidak mampu melakukannya dengan benar, bisa-bisa tenggelam. Bahkan, enam inci air yang bergerak dengan arus kencang, dapat menjatuhkan Anda dan kendaraan seperti mobil.

    Baiknya, pindah ke tempat yang lebih tinggi atau lantai yang lebih tinggi. Carilah penopang yang tepat di sekitar Anda. Berdiri di atas genting rumah, bertahan dengan tembaga atau pohon yang kuat. Beberapa cara itu bisa menjadi alternatif jika kondisinya aman, sambil menunggu bala bantuan.

    2. Jauhi jembatan tertentu

    Bagi Anda yang bermukim di sekitar bibir sungai, biasanya Anda perlu melewati jembatan untuk menyeberang ke wilayah lain. Untuk itu, diperlukan beberapa hal yang perlu dihindari.

    Jembatan yang posisinya dilewati air yang bergerak cepat, berisiko membuat Anda terbawa arus aliran banjir ketika suatu waktu jembatan itu rubuh. Demikian juga hindari mengarungi aliran air banjir, yang dapat mengandung puing-puing berbahaya dan terkontaminasi.

    Saluran listrik bawah tanah juga dapat mengisi air secara listrik. Jika petugas datang dan mengimbau Anda untuk dievakuasi, segera lakukan evakuasi tersebut.

    3. Temui petugas

    Tim evakuasi dan petugas di posko banjir akan siap siaga membantu kebutuhan darurat para korban banjir. Jangan sungkan untuk menemui mereka, mendaftarkan diri, dan ikuti peraturan yang telah ditetapkan.

    Apabila ada informasi terkait peringatan cuaca ekstrem, akan sangat berisiko untuk Anda kembali ke rumah yang tergenang banjir. Carilah tempat pengungsian atau menetaplah sementara di pengungsian yang disediakan pemerintah setempat.

    4. Latihan rute evakuasi

    Pelajari dan latih diri tentang rute evakuasi, rencana penampungan, dan respons terhadap banjir bandang. Kumpulkan persediaan jika Anda harus segera pergi dari tempat tinggal atau jika layanan pertolongan terputus.

    Ingatlah kebutuhan spesifik setiap orang, termasuk obat-obatan. Jangan lupa juga persiapkan kebutuhan hewan peliharaan Anda. Isilah baterai tambahan dan perangkat pengisian daya untuk ponsel dan peralatan penting lainnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id