Makanan yang Bisa Melawan Kolesterol

    Sunnaholomi Halakrispen - 22 Januari 2020 14:02 WIB
    Makanan yang Bisa Melawan Kolesterol
    kayu manis adalah salah satu makanan yang bisa melawan lemak berkebih. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik untuk kesehatan, bahkan memperburuk kondisi tubuh dengan menyebabkan tingginya kolesterol. Ada makanan yang bisa melawan lemak berkebih. Salah satunya, kayu manis.

    Seperti dilansir WebMD, beberapa penelitian menunjukkan kayu manis memiliki efek menstabilkan kadar gula darah dan melawan lemak. Ini bisa mengurangi nafsu makan Anda, terutama pada orang dengan diabetes tipe 2. Sedangkan makanan lainnya beragam.

    1. Sayur mentah

    Sayuran mentah bisa dijadikan camilan yang luar biasa. Makanan ini memuaskan keinginan untuk mengunyah, penuh air untuk membantu Anda merasa kenyang, dan rendah kalori. Misalnya, setengah cangkir seledri yang dipotong dadu hanya memiliki delapan kalori. 

    2. Paprika panas

    Cabai memiliki bahan kimia tanpa rasa yang disebut capsaicin. Ini lebih banyak di habaneros, tetapi jalapenos juga memilikinya. 

    Capsaicin tampaknya mengurangi nafsu makan dan mempercepat metabolisme, tetapi hanya untuk waktu yang singkat. Cara ini mungkin tidak berdampak besar pada berat badan, kecuali Anda makan lebih sedikit karena pedas.

    3. Ubi jalar

    Ketika menikmati kentang panggang, Anda akan membutuhkan topping sebagai tambahan perasa, seperti mentega, krim asam, keju atau potongan daging. Jika Anda mengganti ubi jalar, Anda tidak memerlukan topping karena ubi jalar yang dipanggang kaya akan rasa,.
    Kecuali, jika Anda ingin mencoba taburan kayu manis. Cara ini bisa menghemat banyak kalori. Sebagai bonus, ubi jalar dikemas dengan kalium, beta-karoten, vitamin C, dan serat.

    4. Telur

    Satu telur hanya memiliki 75 kalori, ditambah tujuh gram protein, bersama dengan nutrisi penting lainnya. Ingat, tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori daripada telur yang mengandung karbohidrat. 

    Kabar baiknya, telur tidak lagi masuk dalam daftar makanan larangan bagi orang-orang yang khawatir tentang kolesterol tinggi. Telur mengandung lemak jenuh, bukan kolesterol makanan yang harus kita waspadai.

    5. Daging tanpa lemak

    Anda tahu bahwa protein dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan membakar lebih banyak kalori selama pencernaan. Pilihlah protein Anda dengan hati-hati. Daging hitam cenderung mengandung banyak lemak.

    Dada ayam tanpa kulit adalah pilihan yang bagus. Beberapa potong daging sapi bisa menjadi pilihan juga.

    6. Ikan

    Salah satu sumber protein terbaik adalah ikan. Sebagian besar ikan rendah lemak bisa ditemukan pada ikan mengandung asam lemak omega-3. Omega-3, yang ditemukan dalam salmon, herring, dan ikan berlemak lainnya, dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan kondisi kronis lainnya.

    7. Kacang polong

    Kacang merupakan sayuran, protein, dan sumber serat. Anda akan merasa kenyang karena sangat sedikit kalori. Untuk tips terbaik menikmatinya, bukalah sekaleng kacang polong atau bisa juga buncis, lalu campurkan ke dalam sup atau salad, atau tumbuk hingga bisa digunakan sebagai saus.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id