Cara Alami Mengurangi dan Mencegah Mata Minus

    Raka Lestari - 03 Oktober 2019 12:13 WIB
    Cara Alami Mengurangi dan Mencegah Mata Minus
    Memperbanyak konsumsi makanan mengandung vitamin A adalah salah satu cara mencegah mata minus (Foto: Mentatdgt/Pexels)
    Jakarta: Mata minus atau miopi merupakan salah satu gangguan pada mata yang cukup banyak dialami. Penyebabnya beragam, tapi yang paling kerap dilakukan saat ini adalah melihat layar smartphone Anda dalam cahaya yang gelap.

    Meski sudah mengalami mata minus, dan mungkin menutup kemungkinan untuk mengembalikan mata normal Anda, bukan berarti kehilangan harapan. Masih ada beberapa cara alami untuk mengurangi mata minus Anda.

    Terpenting menurut dr. Dion Oscar, Sp. M, Dokter Spesialis Mata di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya terapkan dulu beberapa tips agar mata kembali normal. Salah satunya mengurangi aktivitas yang menggunakan layar di ruangan gelap.

    "Ruangan dengan pencahayaan yang kurang, misalnya ketika menggunakan handphone atau gawai, bisa mengakibatkan mata minus Anda kian parah. Sebab pada ruang yang gelap beban kerja otot siliar akan bertambah dan akan berisiko meningkatkan ukuran kacamata," ujar dr. Dion kepada Medcom.id.

    Selain itu, dr. Dion juga menyarankan untuk membatasi penggunaan aktivitas layar baik itu gawai, televisi, atau komputer. Sebab pada penggunaan layar yang cukup lama akan menambah beban kerja otot siliar yang bisa berakibat meningkatnya ukuran kacamata.

    “Sebaiknya untuk penggunaan gawai disarankan setiap 30 menit penggunaan, istirahat 10-15 menit. Sedangkan untuk penggunaan komputer dan televisi maksimal 2 jam, istirahat selama 10-15 menit lalu boleh dilanjutkan kembali. Namun selama istirahat mata kita tidak boleh melakukan kontak dengan layar apapun dan membaca,” jelas dr. Dion.

    Tak hanya itu, menggunakan gawai dalam posisi tidur maupun tengkurap juga harus dihindari. Penyebabnya, akan meningkatkan beban kerja otot siliar yang tentunya bisa meningkatkan ukuran kacamata.

    Untuk mencegah mata minus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Di antaranya konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A dan anti oksidan. Seperti sayur dan buah-buahan yang terdiri dari wortel, brokoli, stroberi, jeruk, anggur, apel,

    "Karena kandungan tersebut membuat retina (saraf mata) terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Sehingga kualitas penglihatan akan menjadi lebih baik,” ujar dr. Dion.

    Namun akan lebih baik lagi, bagi Anda yang memiliki mata normal untuk mencegah agar tidak terjadi mata minus. Dia menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan mengandung vitamin A dan antioksidan kemudian juga batasi penggunaan layar baik itu gawai, komputer atau laptop dan televisi.

    “Penggunaan gawai yang baik untuk mata adalah dengan cara 20-20-20 rule, yaitu 20 menit menggunakan layar lalu istirahat selama 20 detik dengan melihat objek (selain layar) sejauh 20 feet atau 6 meter. Untuk komputer dan televisi maksimal penggunaan istirahat selama 10-15 menit, namun saat istirahat tidak boleh melihat layar apapun dan membaca," tegasnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id