Beragam Manfaat Semangka untuk Kesehatan

    Anda Nurlaila - 22 Mei 2019 13:52 WIB
    Beragam Manfaat Semangka untuk Kesehatan
    Vitamin A, B6, dan C dalam semangka membantu kulit tetap lembut, halus, dan kenyal. (Foto: Bruno/Pexels)
    Semangka yang memiliki banyak cairan juga mempunyai peran untuk kesehatan. Selain menghilangkan dehidrasi, buah ini juga punya peran mengurangi risiko kanker dan diabetes.

    Jakarta: Semangka adalah buah tropis yang banyak dinikmati saat cuaca panas. Daging buah yang manis penuh air menjadikan semangka incaran menghilangkan dahaga.

    Selain menghilangkan dehidrasi, buah yang memiliki tanaman merambat ini memiliki aneka manfaat bagi kesehatan. WebMD memuat beberapa di antaranya:

    -Penuh likopen

    Warna merah buah berasal dari antioksidan yang disebut likopen. Studi menunjukkan likopen membantu mengurangi risiko kanker dan diabetes. Semangka memiliki lebih banyak likopen daripada buah atau sayuran lainnya, bahkan tomat.

    Untuk mendapat likopen, pilih semangka berdaging merah daripada yang berwarna kuning atau oranye. Semakin matang semakin baik kualitasnya. Selain itu semangka tanpa biji cenderung memiliki lebih banyak likopen dibandingkan yang memiliki biji.

    -Manfaat tabir surya

    Beberapa pigmen membantu melindungi tanaman dari matahari, memakannya juga dapat melindungi kulit. Likopen dalam semangka mengurangi kemungkinan Anda terkena sinar matahari. Tapi itu belum cukup. Jadi tetap gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari.

    -Jantung lebih sehat

    Semangka kaya akan asam amino yang disebut citrulline yang membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan menurunkan tekanan darah. Kandungan likopen dalam semangka juga bermanfaat bagi kesehatan hati.

    Studi menunjukkan bahwa likopen dapat menurunkan risiko serangan jantung. Namun tentu saja, gaya hidup memengaruhi kesehatan jantung. Pastikan berolahraga, jangan merokok, batasi lemak jenuh, dan ikuti saran dokter.

    -Melindungi sendi

    Semangka memiliki pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin yang melindungi sendi dari peradangan. Sejumlah penelitian menunjukkan, asupan semangka akan mengurangi kemungkinan terkena rheumatoid arthritis.

    -Sehat bagi mata

    Satu porsi semangka memberi lebih dari 30 persen kebutuhan vitamin A harian. Nutrisi ini salah satu kunci mata sehat.

    -Hidrasi alami

    Semangka memiliki kandungan 92 persen, jadi makan buah segar ini adalah cara sederhana tetap terhidrasi. Setiap sel dalam tubuh membutuhkan air. Jika mengalami dehidrasi, Anda dapat menjadi lebih lamban. Pada kasus serius, dehidrasi memerlukan cairan IV.

    -Menenangkan kulit

    Vitamin A, B6, dan C dalam semangka membantu kulit tetap lembut, halus, dan kenyal. Semangka juga masker yang baik. Campurkan satu sendok makan jus semangka dengan yogurt Yunani dengan perbandingan 1:1. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 10 menit untuk mengelupas kulit kering dan kusam. Bilas dan keringkan.

    -Makanan penutup yang lezat

    Secangkir es krim berisi sekitar 300 kalori. Anda dapat menikmati jumlah semangka yang sama dan hanya mengandung 40 kalori. Tidak seperti makanan penutup lainnya, semangka bebas lemak, rendah kolesterol, dan tidak mengandung natrium. Plus, air di dalamnya membantu Anda kenyang lebih lama. Untuk membuat sorbet semangka, blender semangka, tambahkan jeruk nipis dan bekukan ke dalam freezer sampai mengeras.

    -Meningkatkan ketahanan fisik

    Kadar air tinggi, kandungan antioksidan, dan asam amino membuat latihan fisik lebih baik. Semangka juga kaya kalium, mineral yang bisa mengurangi kram otot. Selesai berolahraga, Anda dapat minum jus semangka yang dapat membantu mencegah nyeri otot.

    -Tidak akan menaikkan kadar gula darah

    Mencoba menjaga kadar glukosa darah tetap stabil? Semangka memiliki nilai indeks glikemik (GI) 80, hampir sama dengan semangkuk sereal jagung. Muatan glikemiknya atau seberapa cepat masuk ke aliran darah dan glukosanya hanya 5. Jadi nikmati irisan semangka tanpa rasa bersalah.

    Peran Keluarga dalam Menangkal Diabetes




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id