Apa Penyebab Mata Kering?

    Sunnaholomi Halakrispen - 30 November 2019 16:04 WIB
    Apa Penyebab Mata Kering?
    Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dan kondisinya perlu diperhatikan. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dan kondisinya perlu diperhatikan. Ketika mata lembap, hal itu wajar karena membantu melihat dan menjaga agar mata tetap nyaman.

    Bahkan ketika Anda bahagia, mata akan penuh dengan air mata. Begitu pula ketiak Anda merasa sedih atau berduka. Bergelimang air keluar dari mata.

    Dilansir WebMD, ketika menangis, ada banyak kandungan yang tercampur menjadi satu dalam air mata. Di antaranya, air untuk kelembapan, minyak untuk pelumasan, lendir bahkan untuk penyebaran, antibodi dan protein khusus yang mencegah infeksi.

    Kemudian, bahan-bahannya berasal dari kelenjar khusus di sekitar mata Anda. Sedangkan, ketika mata kering bisa sering kali berarti sistem air mata Anda rusak.

    Ketika air mata tidak memberikan kelembaban yang cukup, Anda mungkin merasakan mata sedang berpasir, merasa ada sesuatu di mata Anda, gatal, dan kemerahan. Pandangan mata pun menjadi kabur, sensitivitas terhadal cahaya.

    Terkadang, mata kering membuat air mata terlalu banyak melihat. Kondisi membingungkan ini disebut refleks robek yang terjadi karena kurangnya kelembapan mengiritasi mata Anda. 

    Padahal, fungsinya mengirimkan sinyal bahaya melalui sistem saraf Anda untuk pelumasan lebih lanjut. Air mata juga berfungsi untuk mencoba menebus kekeringan di sekitar area mata.

    Ketika ada pasir di mata, air akan membuat pasir itu berjalan keluar dari mata. Penyebab mata kering biasanya karena mata kekurangan kekurangan keseimbangan dalam sistem aliran air mata.

    Bisa juga karena pendingin ruangan, pemanas ruangan, atau hal-hal lain di sekitar Anda dapat mengeringkan air mata Anda. Penyebab lainnya, proses penuaan alami, terutama saat Anda mengalami menopause dan kondisi ini terbilang wajar terjadi.

    Kemudian, efek samping dari obat-obatan tertentu seperti antihistamin. Atau karena penyakit yang memengaruhi kemampuan Anda untuk membuat air mata, seperti sindrom Sjogren, rheumatoid arthritis, dan penyakit pembuluh darah kolagen.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id