Apakah Susu Sapi Memenuhi Nutrisi Orang Dewasa?

    Dhaifurrakhman Abas - 18 Juni 2019 17:09 WIB
    Apakah Susu Sapi Memenuhi Nutrisi Orang Dewasa?
    Susu sapi juga disebut kurang berperan dalam memenuhi kebutuhan kalsium orang dewasa. (Foto: Pixabay)
    Susu sapi bermanfaat mengatur sistem kekebalan tubuh. Tapi hanya bermanfaat dikonsumsi oleh anak-anak. Sementara untuk dewasa susu sapi tak cukup bermanfaat. Sebab susu sapi tidak lagi cukup untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan orang dewasa.

    Jakarta: Susu merupakan cairan putih yang diskresi oleh kelenjar mammae (ambing) pada mamalia betina untuk anaknya. Sebagian besar susu yang dikonsumsi manusia berasal dari hewan mamalia seperti sapi.

    Susu sapi merupakan zat alami yang hampir sempurna. Di dalamnya terdapat gizi esensial yang baik buat tubuh. Saat masa pertumbuhan manusia tengah berlangsung, susu sapi dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Lantaran kandungan kalsium dalam susu mengurangi kemungkinan patah tulang dan membuat tulang lebih kuat.

    Namun pertanyaannya, seberapa esensial susu sapi apabila dikonsumsi orang dewasa? Melansir Times of India, susu sapi memiliki kandungan protein yang melimpah. Hal ini diperlukan untuk banyak fungsi dalam tubuh manusia. Termasuk untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan sel.

    Selain itu, susu sapi bermanfaat untuk mengatur sistem kekebalan tubuh. Sebab cairan berwarna putih ini mengandung sembilan zat asam amino esensial yang membantu fungsi tubuh bekerja semakin optimal. Jika dikonsumsi rutin, susu sapi juga dapat membantu mengurangi stres otot dan meningkatkan perbaikan otot setelah berolahraga.

    Kalsium dalam susu sapi membantu pertumbuhan sel tubuh dan tulang secara keseluruhan jika dikonsumsi saat masa pertumbuhan berlangsung. Akan tetapi, manfaat pertumbuhan susu sapi untuk pertumbuhan tulang tampaknya tidak lagi berlaku untuk orang dewasa.

    Sebab, kandungan protein dan kalsium yang terdapat dalam susu sapi tidak lagi cukup untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan orang dewasa. Anda disarankan untuk mengonsumsi nutrisi tambahan yang bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau atau susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium.

    Selain itu, susu sapi juga disebut kurang berperan dalam memenuhi kebutuhan kalsium orang dewasa. Sebab itu, orang dewasa juga butuh mengonsumsi daging agar kebutuhan kalsiumnya terpenuhi.

    Apakah Susu Sapi Memenuhi Nutrisi Orang Dewasa?

    Masih dari sumber yang sama, disebutkan bahwa tidak semua tubuh orang dewasa bisa toleransi dengan susu sapi. Sebab, susu sapi dapat memicu kadar gula darah dam memiliki sifat inflamasi. Jika tetap dikonsumsi, minuman ini bisa memperburuk jerawat, hidung tersumbat, dan masalah pencernaan bagi tubuh yang tidak toleran terhadap susu sapi.

    Tapi tenang saja. Jika tubuh Anda tidak toleran terhadap susu sapi, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan nabati lainnya, seperti susu almond, susu kacang mere, susu beras, susu kedelai maupun susu kelapa.

    Produk nabati tersebut bisa menggantikan peran susu sapi buat tubuh dan tulang Anda. Selain itu, produk pengganti susu ini mengandung nutrisi seperti vitamin K dan mangan, yang tidak ada dalam susu sapi.

    Lawan Faktor U, Tetap Sehat dan Produktif




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id