Efek Negatif Media Sosial pada Otak

    Raka Lestari - 10 Desember 2019 12:03 WIB
    Efek Negatif Media Sosial pada Otak
    Menggunakan media sosial berlebihan memiliki dampak yang serius pada kesehatan mental sekalipun Anda tidak menyadarinya. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Menggunakan sosial media merupakan salah satu kegiatan yang cukup mengasyikan, terutama di sela-sela kesibukan dan tidak jarang juga menyebabkan Anda menjadi lupa waktu.Terkadang setelah menghabiskan waktu terlalu banyak menggunakan media sosial, Anda merasa menyesal karena ada banyak waktu yang terbuang sia-sia.

    Dilansir dari bustle, menggunakan media sosial berlebihan memiliki dampak yang serius pada kesehatan mental sekalipun Anda tidak menyadarinya. Hal ini terutama karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar perangkat elektronik seperti ponsel Anda.

    Menurut sebuah studi tahun 2014 yang dilakukan oleh Howard Hughes Medical Institute dan University of Texas Southwestern Medical Center, cahaya biru dari layar elektronik dapat membuat Anda kurang tidur karena cahaya tersebut dapat menekan melatonin. Sehingga memengaruhi pola tidur dan bangun seseorang. Selain memengaruhi waktu tidur, cahaya biru juga memengaruhi fokus pada otak Anda.

    Melissa G. Hunt, Ph.D., associate director Clinical Training di University of Pennsylvania, mengatakan kepada Bustle bahwa setelah 60 menit menggunakan media sosial maka akan lebih banyak dampak negatif yang terjadi. Tidak hanya dalam masalah waktu tidur, tetapi juga berkaitan dengan masalah kesehatan mental.

    Ia juga menambahkan bahwa menggunakan media sosial secara berlebihan dapat menyebabkan depresi, kesepian, kecemasan, atau memperburuk kinerja profesional seseorang. Ini bisa jadi karena periode waktu yang lama di media sosial dapat membuat Anda merasa kesepian, menurut sebuah studi di University of Pittsburgh Medical Center 2016 tentang hubungan antara penggunaan media sosial dan depresi.

    Dr Hunt juga menjelaskan bahwa mereka yang lebih sering bermain Instagram dan media sosial lainnya cenderung lebih sering melakukan perbandingan sosial, di mana hal tersebut memiliki efek negatif pada kesehatan mental. Ia mengatakan bahwa  untuk mencoba dan meminimalkan efek negatif dari media sosial solusinya sangat sederhana, namun terkadang sulit dilakukan.

    “Lakukanlah pembatasan jam dalam menggunakan media sosial. Setel alarm. Periksa aplikasi apa saja yang Anda gunakan selama satu hari tersebut setiap malam sebelum tidur. Berkomitmen terhadap batasan jam tersebut dan lakukan evaluasi apakah Anda merasa lebih baik secara keseluruhan," terang Dr Hunt.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id