Cara Mengetahui Lapar karena Emotional Eating

    Sunnaholomi Halakrispen - 30 September 2020 18:41 WIB
    Cara Mengetahui Lapar karena <i>Emotional Eating</i>
    Emotional eating atau stres makan adalah tindakan makan makanan sebagai respons terhadap perasaan. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Emotional eating atau stres makan adalah tindakan makan makanan sebagai respons terhadap perasaan. Kondisi ini biasanya terjadi saat Anda tidak benar-benar lapar, tetapi emosi memicu Anda untuk makan lebih banyak. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya?

    Dikutip dari WTVR, saat kita merasa stres, tubuh kita melepaskan hormon steroid yang disebut kortisol. Hormon ini memiliki beberapa peran di dalam tubuh, di antaranya membantu mengontrol kadar gula darah dan mengatur metabolisme.

    Aktivasi jangka pendek sistem stres Anda baik-baik saja dan sebenarnya dapat menekan nafsu makan Anda. Tetapi, stres kronis dapat menyebabkan kadar kortisol tinggi yang tetap tinggi, yang kemudian meningkatkan gula darah dan nafsu makan. 

    Biasanya, stres terjadi saat memikirkan masalah keuangan, pertengkaran yang terjadi terus-menerus dengan pasangan atau teman, maupun terkait tekanan pekerjaan.

    Hal ini pada gilirannya dapat membuat Anda mendambakan makanan manis bahkan makanan berlemak atau berminyak, yang cenderung sangat tinggi kalori. Hasilnya, menyebabkan penambahan berat badan berlebih, serta hubungan negatif dengan makanan.



     



    Untuk memahami Anda mengidap emotional eating atau tidak, perhatikan apakah Anda suka merasa lapar yang datang dari atas leher atau di bawah leher. Mengidam di atas leher bersifat emosional, sering datang tiba-tiba dan tidak puas bahkan setelah makan lengkap. 

    Jika Anda menyerah pada keinginan mengidam di atas leher, hal itu terkadang memicu perasaan malu dan bersalah. Anda mungkin merasa seperti Anda sama sekali tidak memiliki kendali atas pilihan makanan Anda.

    Mengidam di bawah leher tidak bersifat emosional, melainkan tanda lapar fisik. Kondisi itu dibangun secara bertahap dan banyak pilihan makanan terdengar menarik. Begitu Anda merasa kenyang, keinginan itu akan hilang. 

    Mengidam di bawah leher tidak terkait dengan perasaan bersalah atau marah. Tetapi, Anda merasa puas dan mungkin lega setelah makan makanan atau makanan tersebut.

    Terkadang, mengidam ini mungkin sulit dibedakan. Apakah makan makanan bergula berlebihan di malam hari menjadi kebiasaan atau apakah tubuh Anda benar-benar menginginkannya?

    Pernahkah Anda melatih tubuh Anda menolak rasa lapar setiap malam untuk menghindari makanan manis, hanya untuk menciptakan ketergantungan dan kebutuhan akan makanan pada waktu tertentu dalam sehari? 

    Pikirkan kembali kapan kebiasaan ini dimulai dan cobalah untuk mempraktikkan pola makan dengan kesadaran. Supaya, lebih selaras dengan tubuh Anda dan kebutuhan fisik yang sebenarnya dari rasa lapar.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id