3 Manfaat Vitamin K bagi Tubuh Anda

    Raka Lestari - 28 September 2020 11:06 WIB
    3 Manfaat Vitamin K bagi Tubuh Anda
    Vitamin K memiliki beragam manfaat mulai dari menjaga kesehatan tulang sampai mencegah penyakit jantung. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Vitamin K memiliki beragam manfaat mulai dari menjaga kesehatan tulang sampai mencegah penyakit jantung. Vitamin K juga berperang penting untuk penyembuhan luka karena vitamin K dapat membantu penggumpalan darah.

    Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah manfaat vitamin K bagi kesehatan Anda, seperti dilansir Insider:

    Membantu mempercepat penyembuhan luka

    Vitamin K sangat penting untuk penggumpalan darah. Tidak semua penggumpalan darah berarti buruk. Misalnya, ketika Anda terluka, protein tertentu di dalam darah mengandalkan vitamin K untuk bisa berfungsi dengan baik agar darah mengalami koagulasi sehingga pendarahan akan berhenti.

    Vitamin K membantu mengubah darah yang cair menjadi lengket, seperti jel yang kemudian mengeras. Tanpa adanya pembekuan darah, cedera apapun akan bisa menyebabkan kematian karena kehabisan darah. Dan seseorang yang memiliki kondisi seperti hemophilia atau yang mengonsumsi obat pengencer darah kemungkinan mengalami masalah dengan penggumpalan darah.

    “Ketika Anda mengonsumsi obat pengencer darah, maka itu akan bekerja berlawanan dengan vitamin,” kata Amanda Izquierdo, ahli diet dan ahli gizi berlisensi di Chicago. “Akan tetapi, bukan berarti Anda harus mengonsumsi suplemen vitamin K,” katanya. Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen agar tidak mengalami efek samping apapun.

    Berperan dalam kesehatan tulang

    Sama seperti organ dan jaringan lain pada tubuh, sel tulang juga mengalami regenerasi. Vitamin K memiliki peran krusial dalam proses regenerasi, meningkatkan siklus pertumbuhan sel yang berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah tulang menjadi rawan patah.

    Kekurangan vitamin K pada tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, yang menyebabkan risiko untuk mengalami patah tulang menjadi lebih tinggi. Berdasarkan studi pada tahun 2009 yang dipublikasikan dalam PLoS Medicine juga menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi vitamin K mengalami patah tulang yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id