Penyebab Spesifik dari Penyakit Meningitis

    Raka Lestari - 09 April 2020 15:08 WIB
    Penyebab Spesifik dari Penyakit Meningitis
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Penyanyi meningitis terjadi karena adanya peradangan (pembengkakan) selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Penting untuk mengetahui penyebab spesifik meningitis karena perawatannya berbeda tergantung pada penyebabnya.

    Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut ini adalah beberapa penyebab spesifik dari meningitis:

    Bacterial meningitis

    Bacterial meningitis sangat serius dan bisa sangat mematikan. Kematian bisa terjadi hanya dalam beberapa jam.

    Kebanyakan orang bisa bisa sembuh dari meningitis. Akan tetapi, disabilitas permanen seperti kerusakan otak, kehilangan kemampuan, dan ketidakmampuan belajar dapat terjadi akibat adanya infeksi ini.

    Beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan meningitis di antaranya: Streptococcus pneumoniae, Group B Streptococcus, Neisseria meningitides, Haemophilus influenza, Listeria monocytogenes.

    Viral meningitis

    Viral meningitis merupakan jenis meningitis yang paling umum, suatu peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Seringkali lebih ringan daripada meningitis bakteri, dan kebanyakan orang sembuh dengan sendirinya (tanpa pengobatan).

    Namun, siapa pun dengan gejala meningitis harus segera pergi ke dokter, karena beberapa jenis meningitis bisa sangat serius. Hanya dokter yang dapat menentukan apakah seseorang menderita meningitis, apa penyebabnya, dan perawatan terbaik.

    Fungal meningitis

    Fungal meningitis merupakan jenis meningitis yang cukup jarang terjadi, terutama di Amerika Serikat. Fungal meningitis ini dapat berkembang setelah jamur (fungus) menyebar dari suatu tempat pada tubuh ke otak atau sumsum tulang belakang.

    Beberapa jamur yang dapat menyebabkan fungal meningitis di antaranya adalah Cryptococcus, Histoplasma, Blastomyces, Coccidioides, dan Candida.

    Parasitic meningitis

    Berbagai parasit dapat menyebabkan meningitis atau dapat memengaruhi otak atau sistem saraf. Secara keseluruhan, meningitis parasit jauh lebih jarang daripada viral dan bacterial meningitis. Beberapa parasit dapat menyebabkan meningitis yang langka yang disebut eosinophilic meningitis, eosinophilic meningoencephalitis, atau EM.

    Amebic meningitis

    Primary amebic meningoencephalitis (PAM) merupakan infeksi otak yang langka yang biasanya berakibat fatal dan disebabkan oleh Naegleria fowleri. Naegleria fowleri merupakan amoeba yang hidup bebas.

    Naegleria fiwleri hidup di tanah dan air tawar. Ia tumbuh subur pada suhu yang lebih tinggi hingga 46 ° C dan dapat bertahan untuk waktu yang singkat pada suhu yang lebih tinggi.

    Non-infectious meningitis

    Beberapa penyakit non-infeksius yang dapat menyebabkan meningitis diantaranya adlaah kanker, lupus, obat-obatan tertentu, cedera pada kepala, dan operasi otak.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id