9 Manfaat Mengejutkan Air Mineral

    Sunnaholomi Halakrispen - 18 Agustus 2020 12:05 WIB
    9 Manfaat Mengejutkan Air Mineral
    Fakta singkat tentang air minum ialah sangat penting bagi kesehatan ginjal. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Sekitar 60 persen tubuh terdiri dari air, dan sekitar 71 persen permukaan planet tertutup oleh air. Mungkin sifat air yang ada di mana-mana membuat minum cukup setiap hari tidak berada di urutan teratas dalam daftar prioritas banyak orang.

    Dikutip dari Medical News Today, fakta singkat tentang air minum ialah sangat penting bagi kesehatan ginjal. Namun, tidak hanya itu. Ada manfaat baik lainnya yang menjadi alasan tubuh manusia membutuhkan air mineral.

    1. Pelumas sendi

    Tulang rawan, ditemukan di persendian dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan sendi meredam guncangan, yang menyebabkan nyeri sendi.

    2. Membentuk air liur dan lendir

    Air liur membantu kita mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, dan mata tetap lembap. Ini mencegah gesekan dan kerusakan. Air minum juga menjaga kebersihan mulut. Dikonsumsi sebagai pengganti minuman manis, juga dapat mengurangi kerusakan gigi.

    3. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

    Dengan dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. Sebaliknya, cukup mengonsumsi air mineral dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit.

    4. Bantal otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

    Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Itu juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.

    5. Mengatur suhu tubuh

    Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, ia mendinginkan tubuh.

    Beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa ketika ada terlalu sedikit air di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang dapat mentolerir tekanan panas.
    Memiliki banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi selama berolahraga. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek ini.

    6. Sistem pencernaan tergantung padanya

    Usus membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam. Ini meningkatkan risiko mulas dan sakit maag. Sebaliknya, terhidrasi bisa meminimalisir risiko tersebut.

    Selain itu, ginjal mengatur cairan di dalam tubuh. Air yang tidak mencukupi dapat menyebabkan batu ginjal dan masalah lainnya. Namun, air dapat mencegah kerusakan ginjal.

    7. Penurunan berat badan

    Air juga dapat membantu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi sebagai pengganti jus dan soda yang dimaniskan. Minum air sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebih dengan menciptakan rasa kenyang.

    8. Membantu menjaga tekanan darah

    Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental, meningkatkan tekanan darah. Sebaliknya, air mineral membantu menjaga tekanan darah.

    9. Saluran udara membutuhkannya

    Saluran udara membutuhkan air. Sebab, saat mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh sebagai upaya meminimalkan kehilangan air. Hal ini dapat memperburuk asma dan alergi.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id