4 Jenis Minuman yang Bisa Membantu Anda Tidur Nyenyak

    Raka Lestari - 13 Agustus 2020 12:01 WIB
    4 Jenis Minuman yang Bisa Membantu Anda Tidur Nyenyak
    Ekstrak Chamomile, menurut sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa Chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa dan kinerja harian. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Ada beberapa jenis minuman yang bisa membantu Anda lebih cepat tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak. Makanan dan minuman tertentu yang mengandung triptopan dapat membantu tubuh memproduksi serotonin dan melatonin.

    “Serotonin dan melatonin adalah hormon penting yang dapat mengatur waktu tidur Anda,” ujar Dr Matthew Schmidt, seorang dokter obat tidur di Piedmont Healthcare, Amerika Serikat, seperti dilansir CNN. Dan berikut adalah minuman yang bisa membantu Anda:

    Teh Chamomile

    Teh Chamomile memiliki sifat sedative dan secara tradisional dapat digunakan untuk membantu mempercepat tidur dan kegunaan lainnya di Iran. Ekstrak Chamomile, menurut sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa Chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa dan kinerja harian. “Teh chamomile mengandung antioksidan tinggi, sehingga meningkatkan perasaan tenang dan mengurangi kecemasan,” kata Schmidtt.

    Susu hangat

    Kandungan triptopan, kalsium, dan magnesium pada susu dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak jika dikonsumsi sebelum tidur. “Minuman hangat membuat efek menenangkan dan lebih mudah dicerna,” kata Dr Raj Dasgupta, seorang dokter tidur dan dan asisten profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine di University of Southern California. “Triptopan merupakan asam amino yang dapat membantu produksi hormon melatonin,” katanya.

    “Kita semua tahu bahwa hormon melatonin adalah hormon alami dalam tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pineal. Dan hormon ini dikeluarkan pada malam hari dan dapat benar-benar membantu Anda untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak,” kata Dr Dasgupta.

    Teh lemon 

    Minum teh lemon dapat sebelum tidur dapat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Anda juga bisa menambahkan daun mint atau rempah-rempah pada teh lemon Anda. Dan rempah-rempah terbukti dapat mengurangi gejala insomnia. Menurut sebuah studi pada tahun 2011 menemukan bahwa 42 persen partisipan dilaporkan mengalami gejala insomnia yang lebih rendah setelah mengonsumsi teh lemon dengan rempah-rempah.

    Susu almond

    “Jika susu sapi dapat memicu alergi reaksi, susu almond bisa menjadi alternatif lain untuk mendapatkan triptopan,” ujar Dr Dasgupta. Satu gelas susu almond, mengandung sekitar 20 miligram magnesium. Magnesium merupakan mineral yang dapat membantu mendukung tidur Anda dengan mengatur neurotransmitter untuk membuat sistem saraf lebih tenang dan bekerja dengan melatonin untuk mengontrol siklus tidur-bangun pada tubuh.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id