Tips Membersihkan Masker Kain dari Virus

    Sunnaholomi Halakrispen - 23 Mei 2020 11:03 WIB
    Tips Membersihkan Masker Kain dari Virus
    CDC mengimbau masyarakat menggunakan masker kain yang kemudian harus dicuci, setidaknya sekali sehari. (Ilustrasi/pexels)
    Jakarta: CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat) merekomendasikan masyarakat memakai masker. Tetapi bukan masker bedah atau masker N95 karena masker tersebut untuk para petugas kesehatan.

    Sebagai gantinya, CDC mengimbau masyarakat menggunakan masker kain yang kemudian harus dicuci, setidaknya sekali sehari. Ada tiga metode untuk membersihkan masker kain dari kuman maupun virus secara efektif, dikutip dari The Healthy.

    1. Mencuci masker kain dengan mesin cuci

    Jika Anda memiliki mesin cuci dan pengering, CDC mengatakan mesin cuci biasa dimanfaatkan untuk membersihkan masker kain Anda. Pastikan untuk mencuci masker setelah setiap digunakan dalam kantong berbahan halus untuk melindungi masker agar tidak menjadi kusut. 
    Kemudian, cuci masker Anda dengan deterjen cucian dan air panas atau air bersih. Selanjutnya, keringkan masker Anda di mesin pengering pada pengaturan suhu tinggi. 

    Setelah selesai, jemur di terik matahari sementara waktu saja atau bisa juga dengan menjemurnya tidak langsung terkena terik matahari. Metode yang sama juga berlaku untuk penutup wajah kain lainnya seperti bandana atau syal.

    2. Membersihkan masker kain di wastafe

    Jika Anda tidak memiliki mesin cuci, Anda juga bisa membersihkan masker kain di wastafel dapur Anda. Caranya, pertama isilah wastafel Anda dengan air yang sangat panas yang dicampur dengan sabun cuci piring. 

    Kemudian, biarkan masker kain Anda terendam di dalam air sabun panas itu, setidaknya selama lima menit. Setelah itu, kucek dengan lembut menggunakan tangan. Lalu, pastikan untuk mengeringkannya dengan menjemur sepenuhnya sebelum Anda menggunakannya lagi.

    3. Mencuci masker di dalam oven

    Selain dua cara di atas, Anda dapat mensterilkan atau membersihkan masker kain yang tidak mudah terbakar dengan memanfaatkan suhu yang panas. Bersihkan masker dengan menyetrika atau menempatkannya di dalam oven pada suhi 158 derajat Fahrenheit atau 70 derajat celcius, biarkan selama setidaknya 30 menit.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id