Apakah Hand Sanitizer Aman Buat Wanita Hamil?

    Kumara Anggita - 18 Maret 2020 10:35 WIB
    Apakah <i>Hand Sanitizer</i> Aman Buat Wanita Hamil?
    Wanita yang tengah hamil rentan terhadap berbagai hal. Karena itu, mereka jadi harus lebih waspada dibanding orang lainnya.(Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Wanita yang tengah hamil rentan terhadap berbagai hal. Karena itu, mereka jadi harus lebih waspada dibanding orang lainnya.

    Kewasapadaannya termasuk dalam menggunakan produk-produk kimia tertentu seperti penggunaan hand sanitizer yang saat ini dianjurkan untuk dipakai oleh kita semua. Jadi, apakah produk ini baik untuk tetap digunakan saat hamil?

    Berikut penjelasannya yang dilansir dari Parents.

    Beberapa bahan di dalam hand sanitizer mungkin tidak terlalu aman seperti yang Anda harapkan, meskipun ini belum terbukti secara pasti. Pembersih tangan sering mengandung triclosan, bahan kimia yang digunakan untuk keperluan antibakteri yang juga ditemukan dalam sabun antibakteri, pasta gigi berfluoride, dan beberapa produk kosmetik. 

    Menurut penelitian April 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Research, "Triclosan dapat mengurangi kadar hormon tiroid yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin". Secara khusus, ini terkait dengan masalah berat lahir rendah dan usia kehamilan yang berkuran.

    Sebuah studi tahun 2010 dari Universitas Florida juga menemukan bahwa triclosan mengganggu "metabolisme estrogen." Gangguan dapat memengaruhi bagaimana estrogen dipindahkan melalui plasenta.

    Hal ini juga dapat memengaruhi perkembangan otak, pengaturan gen, dan kadar oksigen janin, menurut penelitian tersebut.

    Food and Drug Administration (FDA) sebelumnya mencatat bahwa triclosan ditemukan dalam urin 75 persen orang Amerika, sehingga paparannya dapat dikatakan sangat umum. 

    Akan tetapi jika wanita hamil ingin menghindarinya, mereka dapat memilih pembersih tangan yang dibuat tanpa itu Triclosan. Triclosan harusnya dicantumkan pada label bahan pada produk apa pun yang menggunakanya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id