Manfaat Kesehatan dari Kacang Edamame

    Raka Lestari - 27 Februari 2020 14:03 WIB
    Manfaat Kesehatan dari Kacang Edamame
    Kacang edamame biasanya bisa dengan mudah ditemukan di restoran Jepang. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kacang edamame biasanya bisa dengan mudah ditemukan di restoran Jepang. Biasanya kacang ini dijadikan sebagai side dish dari berbagai jenis masakan Jepang seperti Sushi, Ramen, dan Tempura.

    Untuk menyantapnya, Anda bisa merebusnya atau menambahkannya ke makanan. Dan ternyata, kacang Edamame ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

    "Edamame adalah sumber nutrisi dan antioksidan yang sangat baik dan merupakan makanan yang baik untuk dimasukkan dalam diet Anda," kata ahli diet terdaftar Mascha Davis, RD.

    Dan berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kacang Edamame cocok dimasukkan dalam diet Anda:

    Sumber protein yang baik

    Satu cangkir edamame mengandung 14 gram protein, yang menjadikannya sebagai sumber energi yang luar biasa terutama untuk mereka yang melakukan diet vegan. "Jumlah ini lebih tinggi protein daripada buncis, lentil, atau kacang hitam," kata Davis.

    Mengandung seluruh asam amino esensial

    Leucine, lysine, threonine, tryptophan, yang merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat dalam kacang Edamam. "Edamame memiliki semua sembilan asam amino esensial," kata Davis. Ini membuatnya menjadi sumber protein lengkap, dibandingkan sumber seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum.

    Merupakan sumber serat yang baik

    Inilah mengapa Davis menyarankan untuk mengonsumsi kacang Edamame karena kandungan serat di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda. Satu cangkir kacang Edamame mengandung 6 gram serat atau sekitar seperempat dari kebutuhan harian tubuh akan serat.

    Baik untuk menjaga berat badan sehat

    Kandungan serat dalam kacang Edamame juga baik untuk mendukung berat badan yang sehat. "Serat membantu menjaga berat badan yang sehat dengan memperlambat penyerapan nutrisi," kata Davis.

    “Ini bagus karena gula diserap lebih lambat, sehingga energi dilepaskan secara bertahap dan tubuh dapat memetabolisme nutrisi tersebut dengan lebih baik. Serat juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kolesterol," terangnya.

    Sumber vitamin K yang bagus

    Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah, membantu menjaga metabolisme yang sehat, dan mengatur kadar kalsium. “Secangkir edamame memenuhi sekitar 41 persen dari kebutuhan vitamin K harian kita,” kata Davis.

    Ia juga menyarankan untuk mengonsumsinya dengan dengan minyak zaitun, alpukat, atau lemak sehat lainnya untuk benar-benar menuai manfaatnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id