Apakah Anak-anak Bisa Mengalami Batu Ginjal?

    Raka Lestari - 17 September 2020 16:51 WIB
    Apakah Anak-anak Bisa Mengalami Batu Ginjal?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Batu ginjal pada umumnya dialami oleh mereka yang sudah beranjak dewasa atau bahkan berusia lanjut. Penyakit ini bisa sangat menyakitkan, terutama ketika sedang buang air kecil.

    Ternyata, penyakit ini juga bisa dialami oleh anak-anak. Fakta itu diamini oleh dokter anak Dr Amna Husain. Bahkan anak-anak yang lahir pada usia yang prematur bisa mengembangkan masalah batu ginjal.

    "Akan tetapi, kondisi tersebut seringkali terjadi pada usia belasan tahun. Di mana remaja perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi. Kebanyakan penyebab batu ginjal adalah karena diet atau jumlah minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak,” ujar Dr Husain.

    Menurut Childrens’s Hospital of Philadelphia (CHOP), kasus penyakit batu ginjal pada anak-anak mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. The National Institutes of Health (NIH) memperingatkan orang tua bahwa batu ginjal adalah kondisi kesehatan darurat.

    Jadi, jika anak Anda menunjukkan gejala awal batu ginjal, sebaiknya langsung segera menelpon dokter agar bisa diobati dengan segera. Biasanya gejala yang sering muncul dari batu ginjal pada anak-anak dan remaja adalah, timbulnya rasa sakit yang tiba-tiba di punggung atau pinggang.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id