Beberapa Masalah yang Dialami saat Memberi Makan Bayi

    Raka Lestari - 07 Agustus 2019 14:36 WIB
    Beberapa Masalah yang Dialami saat Memberi Makan Bayi
    Ilustrasi--(Foto: Kazuend/Unsplash.com)
    Ketika si kecil masih belum bisa melakukan banyak hal tentunya ada perasaan khawatir. Ada beberapa permasalahan yang masih dianggap normal, ketika sedang memberi makan bayi Anda,


    Jakarta:
    Menjadi orang tua terutama baru pertama kali mungkin akan terasa sedikit menegangkan. Pada bulan-bulan pertama, ketika si kecil masih belum bisa melakukan banyak hal tentunya ada perasaan khawatir yang mungkin dialami ketika waktunya memberi makan si kecil.

    Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, mengetahui apa yang normal dan masalah saat memberi makan bayi akan menjadi hal yang sulit.  Namun Anda bisa mencari tahu apa saja permasalahan normal yang dialami ketika Anda memberi makan bayi Anda.

    Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang masih dianggap normal ketika sedang memberi makan bayi Anda, seperti dikutip romper:

    1. Kehilangan berat badan setelah mereka lahir

    Melihat adanya penurunan berat badan pada bayi Anda bisa menjadi salah satu kekhawatiran bagi banyak orang tua. Namun orang tua tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang normal.

    "Bayi biasanya kehilangan sekitar 1/10 dari berat badannya karena kehilangan cairan normal pada minggu pertama," ujar Dr Christina J. Valentine, M.D., seorang dokter dan ahli gizi untuk kesehatan ibu dan bayi, dan Direktur Medis di RB Health. Cairan tersebut salah satunya keluar melalui buang air kecil mereka.

    2. Gumoh

    "Mengeluarkan air liur merupakan hal yang normal pada bayi karena sebagian besar bayi mengalami masalah dengan asam lambung sampai otot mereka tumbuh lebih kuat yaitu sekitar enam bulan pertaama," ujar Valentine.

    Selama bayi Anda terus bertambah berat badan dan tampaknya tidak kesakitan atau tidak nyaman, itu merupakan hal yang normal. Namun, jika gumoh bayi Anda berwarna hijau, Anda harus mengunjungi dokter untuk memastikan tidak ada masalah medis atau kepekaan terhadap makanan yang mendasarinya.

    3. Frekuensi buang air besar yang sering

    Bayi sering ingin makan lebih sering ketika menyusui jika mereka akan mengalami growth spurt.
    "Jadi jangan heran jika itu terjadi sebelum merangkak atau berjalan," kata Valentine.

    Dengan kata lain, jangan ragu untuk memuaskan nafsu makan anak Anda yang rakus karena itu adalah tanda perkembangan baik di masa mendatang. Valentine secara khusus mendorong para orang tua yang menyusui untuk memastikan bayinya mendapat cukup waktu untuk mendapatkan "hindmilk".

    4. Tersedak saat mengonsumsi makanan padat

    Meskipun tersedak makanan merupakan hal yang menakutkan. Namun ini merupakan hal yang normal. Menurut DrPatrick Lehman, M.D., seorang dokter anak di Children's Hospital of Wisconsin, refleks anak saat tersedak pada awalnya bermula di depan mulut dan bergerak ke tenggorokan seiring bertambahnya usia.

    Karena itu, batuk dan tersedak dan mengeluarkan makanan akan menjadi kejadian umum selama beberapa bulan pertama makanan padat.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id