Terkena Gigitan Ular? Begini Cara Menanganinya

    Farhan Dwitama - 18 Desember 2019 16:00 WIB
    Terkena Gigitan Ular? Begini Cara Menanganinya
    Seorang warga menangkap ular di perumahan di Tasikmalaya. (Foto: Adeng Bustomi/Antara)
    Tangerang: Penanganan gigitan ular berbisa tidak terlalu sulit. Namun penanganan segera mesti cepat dilakukan.

    Kepala Seksi Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan, Ronald, menegaskan bagi warga yang tergigit ular untuk tenang.

    “Saran kami, apabila ada masyarakat yang tergigit ular pertama jangan panik dan menghindari aktivitas berlebihan,” kata Ronald kepada Medcom.id Rabu 18 Desember 2019.

    Kemudian, korban yang terkena gigitan juga jangan terlalu banyak bergerak. Misalnya, jika terkena gigitan di bagian tangan.

    “Contoh di bagian tangan digigit ular, maka tangan yang tergigit jangan terlalu banyak gerak, kemudian bawa segera ke fasilitas medis terdekat. Di sana kita akan buat penanganan dari ujung jari hingga pundak. Dengan cara meletakkan dua bilah papan di tangan dan diingatkan untuk mengurangi pergerakan,” ucap dia.

    Sementara, penanganan medis juga akan menyuntikkan serum Anti Bisa Ular (ABU). Serum ini, akan mulai bekerja kurang dari empat jam sampai 24 jam.

    “Saat ini, kalau ada yang tergigit ular berbisa bisa langsung ke RSU Tangsel atau ke RS Eka Hospital BSD dan RS Fatmawati,” katanya.

    Senada, Muhamad Dzawil Arham dari Yayasan Ular Indonesia Sinoux menerangkan, penanganan terhadap gigitan ular dengan prosedur yang benar meminimalisir risiko yang terjadi.

    “Yaitu imobilisasi atau mengurangi gerakan tubuh, terutama pada sekitar area gigitan, lalu lakukan pembidaian seperti pertolongan patah tulang,” katanya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id