Fakta-fakta Mengenai Menopause Dini

    Raka Lestari - 21 Oktober 2019 15:16 WIB
    Fakta-fakta Mengenai Menopause Dini
    Anda harus melacak siklus menstruasi Anda untuk membantu menentukan menopause dini. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Menopause merupakan hal alami yang dialami oleh para wanita. Bagi sebagian wanita, menopause merupakan salah satu mimpi buruk yang harus dialami. Dan bagi sebagian lainnya, mereka harus mengalami menopause lebih cepat dari yang seharusnya.

    Dari sebab dan gejala hingga efek jangka panjang, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang menopause dini:

    1. Berhubungan dengan menstruasi Anda

    “Jika mentruasi menjadi tidak teratur atau bahkan berhenti tanpa ada alasan dibaliknya bisa jadi itu merupakan gejala utama terjadinya menopause dini,” kta Dr Daniel Atkonson, pemimpin klinis di layanan kesehatan online Treated.

    "Anda harus melacak siklus menstruasi Anda untuk membantu menentukan hal ini, serta setiap perubahan pada kulit dan rambut Anda atau jika berat badan Anda naik," tambah Dr Atkinson.

    Dan waspadai gejala lain yang meliputi sulit tidur, gelisah, kekeringan pada vagina, hot flushes, masalah memori atau konsentrasi, dan berkurangnya libido.

    Fakta-fakta Mengenai Menopause Dini
    (Dr Daniel Atkonson dari Treated mengatakan Anda patut mempertanyakan, jika mentruasi menjadi tidak teratur atau bahkan berhenti tanpa ada alasan. Foto: Pexels.com)

    2. Dapat terjadi secara natural

    Menurut National Health Service, menopause dini dapat terjadi secara alami jika ovarium seseorang berhenti membuat kadar normal hormon tertentu, khususnya hormon estrogen.

    Dikenal sebagai kegagalan ovarium prematur atau insufisiensi ovarium primer (Primary Ovarian Insufficiency/POI), kondisi ini juga dapat disebabkan oleh faktor lain.

    "POI mungkin disebabkan oleh penyakit autoimun (seperti rheumatoid arthritis) dan kelainan kromosom (seperti sindrom Turner) serta radioterapi dan kemoterapi untuk mengobati kanker," kata Dr Atkinson. Faktor gaya hidup dapat berkontribusi terhadap menopause dini juga, katanya.

    3. Faktor keturunan

    Penyebab menopause dini bisa bersifat genetik. "Penting untuk mengetahui apakah ada perempuan lain di keluarga Anda yang juga mengalami menopause dini," kata Dr Atkinson.

    Menurut Healthline, dalam beberapa kasus Anda dapat memprediksi kapan Anda akan memulai menopause dengan mengidentifikasi kapan ibu Anda mulai menopause. Akan tetapi hal tersebut tidak selalu diwariskan atau dikarenakan faktor keturunan.

    4. Dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu

    Seperti  yang dijelaskan Healthline, estrogen memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Ini meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi jenis yang buruk, dan juga membantu menghentikan penipisan tulang.

    Jadi, ketika Anda kekurangan hormon estrogen untuk jangka waktu yang lama, Anda mungkin lebih mungkin mengalami osteoporosis dan penyakit kardiovaskular bersamaan dengan demensia dan depresi. Namun, menopause dini dapat memiliki manfaat tertentu, termasuk melindungi dari kanker payudara.

    Konsultasilah ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di beberapa rumah sakit, seperti Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Royal Taruma, atau Siloam Hospitals Kebon Jeruk. Atau kunjungi dokter kandungan di dekat rumah Anda.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id