Kandungan Curcumin dalam Temulawak jadi Kandidat Antivirus SARS-CoV-2

    A. Firdaus - 02 April 2020 17:00 WIB
    Kandungan Curcumin dalam Temulawak jadi Kandidat Antivirus SARS-CoV-2
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Penelitian bio-informatika yang dipublikasikan pada Maret 2020, dan kepustakaan terbaru telah menyebut bahwa curcumin merupakan salah satu kandidat antivirus SARS-CoV-2.

    Diharapkan curcumin yang terkandung di temulawak mampu meningkatkan ekspresi ACE2 bentuk soluble, yang dapat menghambat terjadinya ikatan antara protein virus dengan ACE2 bentuk fixed pada permukaan sel inang. Di mana ACE2 merupakan sel inang bagi Covid-19.

    Dokter Inggrid Tania, M.Si., selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisonal dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) mendukung hasil penelitian tersebut.

    "Secara fungsional, ada dua bentuk ACE2 yaitu bentuk fixed (menempel pada permukaan sel) dan soluble (bentuk bebas dalam darah)," ujar Dr. Inggrid seperti rilis yang diterima Medcom.id.

    "ACE2 bentuk soluble diproyeksikan menjadi salah satu kandidat antivirus corona melalui mekanisme interseptor kompetitif yang mencegah ikatan antara partikel virus dengan ACE2 pada permukaan sel inang," tegasnya.

    Menurut Dr. Inggrid, temulawak sudah dikonsumsi masyarakat luas di Indonesia. Bahkan telah berlangsung selama berabad-abad.

    Berdasarkan empirical experiental evidence, scientific evidence, dan clinical evidence, temulawak terbukti aman dan membeberikan manfaat daya tahan tubuh.

    Berbagai penelitian, terutama penelitian in-vitro dan praklinis di dunia terhadap curcumin menunjukkan bahwa curcumin bersifat anti-peradangan, anti-virus, anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-oksidan.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id