Tips Menyusun Menu Makanan di Tengah Pandemi Covid-19

    Raka Lestari - 07 April 2020 14:18 WIB
    Tips Menyusun Menu Makanan di Tengah Pandemi Covid-19
    Terdapat lima hal yang perlu diingat dalam menyusun menu makanan sehari-hari. Berikut ini tipsnya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Dalam menjalakan social distancing atau jaga jarak sosial, tetap harus menjaga badan agar tetap sehat dan fit. Hal ini bisa dilakukan dengan tetap berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, walaupun di tengah pandemi covid-19 yang melanda berbagai negara di dunia.

    Menurut Dr Matthew Lantz Blaylock, PhD, seorang ilmuwan nutrisi, makanan segar adalah sumber asupan gizi yang terbaik. “Namun mengingat situasi di mana kita mungkin belum bisa sebebas sebelumnya pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan pangan segar, maka makanan beku, siap saji dan kaleng bisa menjadi opsi,” ujar Dr Matthew.

    Ia juga menambahkan bahwa yang paling penting adalah dengan teliti dalam melihat sumber makanan tersebut. “Misalnya dalam hal memilih susu UHT, teliti dan lihat terlebih dahulu apakah susu UHT tersebut berasal dari susu segar,” ujar Dr Matthew.

    Terdapat lima hal yang perlu diingat dalam menyusun menu makanan sehari-hari yang dirangkum oleh Dr Matthew sebagai berikut:

    1. Adequacy

    Usahakan menu makanan mengandung cukup nutrisi penting untuk menjaga diet yang sehat. Jangan lupa bahwa gaya hidup sehat terdiri dari 70 persen asupan gizi dan 30 persen olahraga.

    2. Balance 

    Terapkan pola makan yang seimbang dengan rekomendasi konsumsi 40 – 60 persen karbohidrat, 20 -  30 persen lemak, dan 15 – 20 persen protein.

    3. Calorie control 

    Jaga jumlah kalori dalam menu makanan. Kurangi makanan yang minim nutrisi dan mengandung kalori berlebihan.

    4. Density of nutrition 

    Prioritaskan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan jauhi makanan yang kurang sehat.

    5. A bit of everything 

    Usahakan variasi dalam menu makanan sehari-hari.

    Salah satu makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi setiap hari adalah susu. Menurut Blaylock, PhD, makanan segar adalah sumber asupan gizi yang terbaik, termasuk produk olahan susu (dairy products).

    “Jika memungkinkan, sebaiknya konsumsi susu segar. Namun, jika kurang memungkinkan dan ingin memilih susu UHT misalnya, telitilah kandungan susu UHT tersebut dan yakinkan bahwa terbuat dari susu segar hasil pasteuriasi,” tutupnya.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id