Gejala Awal Penyakit Meningitis

    Raka Lestari - 09 April 2020 11:45 WIB
    Gejala Awal Penyakit Meningitis
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Penyakit meningitis atau radang selaput otak merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini sejenis infeksi yang relatif langka, yang memengaruhi selaput halus (membran) yang disebut meninges dengan menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

    Dilansir dari WebMD, gejala bakterial meningitis biasanya muncul secara tiba-tiba. Sedangkan gejala viral meningitis dapat muncul tiba-tiba atau berkembang secara bertahap dalam beberapa hari.

    Gejala yang paling umum dari kedua jenis meningitis tersebut adalah:
    -Demam
    -Sakit kepala parah dan tidak berkesudahan
    -Kaku dan nyeri leher, terutama ketika mencoba menyentuh dagu ke dada
    -Muntah
    -Linglung dan penurunan tingkat kesadaran
    -Kejang

    Gejala lain yang kurang umum di antaranya adalah kelesuan, nyeri otot dan lemah, dan perasaan aneh seperti kesemutan atau kelemahan di sekujur tubuh. Perubahan sensitivitas mata, seperti sakit saat melihat cahaya terang. Ruam kulit dan kesulitan berbicara.

    Anak kecil yang terkena meningitis dapat terlihat seperti sedang sakit flu (influenza), batuk, atau kesulitan bernapas. Agar tidak terlambat, pencegahan meningitis harus dilakukan secara tepat.

    “Pencegahan karena gejalanya bersifat umum, tentunya bagaimana kita menjaga daya tahan tubuh kita. Dengan daya tahan tubuh yang baik, penyakit oleh virus dan bakteri bisa kita cegah,”
    ujar Dr. dr. Jo Edy Siswanto Sp. A (K) dari Rumah Sakit Royal Taruma.

    Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah dengan pemberian imunisasi ketika masih anak-anak. Jangan lupa untuk memberikan imunisasi meningitis demi mencegah penyakit yang berhubungan dengan meningitis.

    “Ada pemberian imunisasi dari program pemerintah yang biasanya kombinasi dengan vaksin DPT (Difteri, Pertusis, dan Tetanus), kombinasi juga dengan polio dan radang otak, bahkan hepatitis," imbuh Dr. Jo.

    Kondisi lain yang memiliki gejala mirip dengan meningitis di antaranya adalah hepatitis dan flu. Sehingga penting sekali untuk memeriksakan diri ke dokter jika gejala-gejala seperti di atas dirasakan oleh seseorang.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id