Hindari Melakukan Self-diagnosis jika Mengalami Gejala Awal Covid-19

    Raka Lestari - 26 Maret 2020 10:00 WIB
    Hindari Melakukan Self-diagnosis jika Mengalami Gejala Awal Covid-19
    Hindari menebak-nebah sendiri penyakit Anda. Segera periksa jika Anda merasa tak ada perbaikan kesehatan dalam tubuh Anda. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Seiring dengan peningkatan kasus covid-19 di Indonesia, banyak masyarakat yang juga kemudian mengalami kepanikan dan bahkan melakukan self-diagnosis apakah dirinya mengalami gejala-gejala covid-19 atau tidak.

    Itulah mengapa penting sekali bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai covid-19.

    “Kami berharap bahwa masyarakat memahami betul tentang penyakit ini. Sehingga kemudian tidak perlu ada kepanikan," ujar Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dalam Konferensi Pers Update Covid-19 di Kantor BNPB, Rabu, 25 Maret 2020.

    "Manakala kemudian merasa dirinya tidak enak badan dengan gejala-gejala mirip influenza, maka kita berharap bahwa mereka harus segera mengakses layanan kesehatan untuk berkonsultasi,” tambah Yuri lagi.

    Ia juga menekankan agar menggunakan masker jika merasa sedang tidak sehat agar pada saat batuk atau bersin, tidak menyebarkan droplets. 

    “Konsultasikan dengan petugas kesehatan yang terdekat, mulai dari puskesmas, rumah sakit, dan seterusnya,” ujar Yuri.

    Yuri juga menambahkan, “Bisa saja percikan (droplets) itu tidak mengenai kita secara langsung tetapi mengenai barang-barang yang ada di sekitar kita. Dan tanpa kita sadari, tersentuh oleh tangan dan kemudian tanpa kita memerhatikan kebiasaan mencuci tangan, kita langsung makan, menyentuh hidung, menyentuh mata, maka sangat mungkin penularan akan terjadi.”

    Memeriksakan diri ke tenaga kesehatan ketika mengalami gejala merupakan pilihan yang terbaik. 

    “Nanti tenaga kesehatan lah yang akan mampu untuk melakukan pemeriksaan secara lebih detail, bahkan menentukan pemeriksaan-pemeriksaan lanjutan yang perlu dilakukan,” kata Yuri. “Bisa saja ini disebabkan oleh covid-19, tetapi bisa juga bukan covid-19.”

    Oleh karena itu, Yuri mengajak masyarakat untuk tidak perlu menebak-nebak sendiri apakah dirinya terinfeksi covid-19 atau tidak. 

    “Sebaiknya berkonsultasilah karena dengan cara demikian, maka kita bisa mendapatkan informasi yang benar, informasi yang tepat dan kemudian kita bisa mengambil langkah yang tepat pula tanpa ada kepanikan,” tutupnya.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id