Mengenal Penyakit Diabetes Gestasional

    Raka Lestari - 27 Desember 2019 09:04 WIB
    Mengenal Penyakit Diabetes Gestasional
    Diabetes gestasional tidak menyeramkan karena benar-benar dapat dikendalikan. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Diabetes gestasional mungkin terdengar menyeramkan bagi beberapa orang yang mengalaminya. Dengan mengalami penyakit tersebut, itu berarti pasien harus memerhatikan apa yang mereka makan, mengecek kadar gula darah pada tubuh mereka, atau bahkan mengonsumsi insulin atau obat-obatan lainnya.

    Namun sebenarnya diabetes gestasional tidak menyeramkan karena benar-benar dapat dikendalikan. Berikut fakta-fakta mengenai diabetes gestasional yang sebaiknya Anda pahami dan ketahui, seperti dilansir romper:

    Siapapun dapat mengalaminya

    "Banyak wanita tidak pernah memiliki riwayat diabetes atau riwayat pra-diabetes, ketika mereka mengalami diabetes gestasional,” ujar Dr Sarah Dotters-Katz, spesialis kedokteran ibu dan janin di Duke Health.

    “Mengapa ini terjadi pada saat kehamilan adalah karena tubuh itu sendiri. tubuh menginginkan lebih banyak gula agar bayi bisa berkembang. Ini merupakan hal alami yang dilakukan tubuh untuk perkembangan bayi. Akan tetapi pada beberapa wanita, gula tersebut terlalu tinggi dan itulah yang mengarah pada diabetes gestasional.”

    Kondisi ini bisa dikelola 

    Meskipun terasa menyeramkan mengalami diabetes gestasional, namun kondisi ini bisa dikontrol. “Kami biasanya melakukan edukasi untuk membantu pasien mengetahui kondisinya,” ujar Dr Ellen Seely, seorang ahli endokrin di Brigham and Women's Hospital.

    “Kami merekomendasikan mereka untuk bertemu dengan ahli nutrisi untuk mengetahui apa yang harus mereka konsumsi dan memberikan edukasi untuk memeriksa gula darah mereka sendiri,” terangnya.

    Meningkatkan risiko diabetes tipe 2 

    “Wanita yang mengalami diabetes gestasional pada saat kehamilan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes di kemudian hari,” ujar Dotters-Katz.

    “Ini semacam tanda peringatan dini.” Ia merekomendasikan  untuk menggunakan hal tersebut sebagai cara untuk membuat perubahan hidup lebih sehat yang dapat memberi manfaat bagi mereka bahkan setelah mereka melahirkan.

    Pentingnya melakukan skrining 

    Menurut Dr Seely, meskipun Anda merasa tidak ada keluhan pada saat kehamilan sebaiknya Anda tidak pernah melewatkan skrining untuk mengetahui apakah Anda mengalami diabetes gestasional atau tidak.

    "Mendiagnosis diabetes gestasional, meskipun skala ringan sampai sedang tetap penting bagi kehamilan Anda,” ujar Dr. Seely. 



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id