Penyebab Anda Merasa Lelah, Meskipun Sudah Tidur Nyenyak

    Raka Lestari - 17 September 2019 18:03 WIB
    Penyebab Anda Merasa Lelah, Meskipun Sudah Tidur Nyenyak
    Ilustrasi--Pexels
    Jakarta: Tidur malam yang nyenyak seharusnya dapat membuat Anda merasa segar, lebih baik, dan bersemangat. Namun, apa yang terjadi jika hal yang terjadi justru sebaliknya?

    Jika Anda sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup, tentu akan sangat menyebalkan jika Anda masih merasa lelah. Penyebab hal itu dapat bervariasi dari mulai hal yang ringan sampai yang serius dan membutuhkan penanganan lebih lanjut.

    Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda merasa lelah, bahkan setelah mendapatkan waktu tidur yang cukup dan nyenyak, seperti dialnsir bustle:

    Kurang banyak bergerak

    Kurang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik dapat membuat Anda merasa semakin lelah. Menurut Science Alert, melakukan olahraga ringan hanya beberapa kali dalam seminggu dapat membuat Anda lebih bersemangat. Gerakan teratur membantu tubuh Anda bekerja lebih baik secara keseluruhan, dan seiring waktu, itu akan membantu Anda merasa lebih terjaga.

    Dehidrasi

    Dehidrasi tidak hanya dapat membuat Anda merasa pusing, tetapi dehidrasi juga dapat menyebabkan Anda merasa sangat lelah. Mengalami dehidrasi dapat mengacaukan volume darah Anda, yang dapat membuat jantung Anda kurang efisien,sehingga menyebabkan kelelahan sepanjang waktu.

    Depresi

    Salah satu gejala depresi yang paling umum adalah kelelahan. Gangguan mental ini dapat membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu, tidak peduli berapa banyak tidur yang Anda dapatkan. Dilansir dari Healthline, seseorang yang mengalami depresi sering merasa sangat lelah dan tidak tertarik melakukan aktivitas apa pun.

    Terlalu banyak mengonsumsi kopi

    Jika Anda minum kopi sekitar enam jam sebelum tidur, maka itu dapat berpengaruh pada tidur anda. Kopi bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terjaga dan berenergi, tetapi mengonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan kebalikannya.

    Menurut Science Alert, minum kopi terlalu banyak dapat mengacaukan produksi adenosin Anda, membuatnya lebih sulit untuk tidur. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa kafein benar-benar mengacaukan ritme sirkadian tubuh Anda.

    Terlalu banyak bermain ponsel

    Salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum tidur adalah mematikan ponsel Anda, termasuk barang-barang elektronik lainnya seperti televisi. Layar biru yang terdapat dalam alat elektronik dapat memicu hormon "bangun" bahkan ketika di malam hari. Hal itu bisa membuat Anda tidak cukup tidur dan membuat Anda lelah keesokan harinya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id