Sabun Pengaruhi Kesehatan Kulit

    Sunnaholomi Halakrispen - 13 September 2019 16:08 WIB
    Sabun Pengaruhi Kesehatan Kulit
    Ilustrasi--Pexels
    Jakarta: Sabun merupakan salah satu produk yang digunakan setiap harinya. Baik untuk mandi bahkan sekedar mencuci tangan. Namun, pemilihan sabun yang tidak tepat bukan hanya berisiko memperburuk penampilan.

    Bukan hanya mitos, sabun memang bisa pengaruhi kesehatan kulit. Hal ini disampaikan langsung oleh dr. Susie Rendra, Sp. KK - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah.

    "Salah satunya sabun antiseptik kurang baik bagi kulit kering, membuat kulit makin kering," ujar dr. Susie di Penang Bistro Jalan Pakubuwono VI No.2 Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019.

    Pengaruh sabun terhadap kulit disebabkan oleh pH yang terkandung dalam sabun. Pada sabun mandi, pHnya tinggi dan oleh karena itu dapat membuat kulit menjadi kering.

    Apabila dibiarkan begitu saja, kulit akan mengalami penuaan yang lebih cepat dibandingkan Anda menggunakan sabun dengan pH yang rendah. Risiko lainnya, kelembapan kulit terganggu dan mudah mengalami iritasi.

    Upayakan agar Anda menghindari sabun dengan pH tinggi. Namun, sabun dengan pH rendah memang belum banyak dijual.

    Mungkin Anda berpikir bahwa menggunakan sabun bayi bisa menjadi solusi. Ternyata, kata dr. Susie, tidak semata-mata karena kulit bayi mulus dengan menggunakan sabun bayi maka orang dewasa pun demikian. Penilaian tersebut justru salah.

    "Ini mitos dan salah kaprah dalam masyarakat. Karena sabun bayi biasanya memiliki pH yang sangat tinggi yakni pH 9 yang bersifat basa, sementara kulit orang dewasa tidak cocok dengan sabun yang bersifat basa," paparnya.

    Sebaliknya, kulit bayi cenderung bersifat basa. Seiring berjalannya waktu, kulit berubah ketika usia manusia semakin bertambah tua. Maka demikian, tidak akan cocok mengenakan sabun bayi untuk mandi.

    Lantaran kulit orang dewasa bersifat asam, sabun mandi yang tepat ialah yang memiliki pH yang sama dengan kulit. PH sabun mandi yang dimaksudkan berada di angka 5 hingga 5,5.

    Sementara itu, mungkin akan sulit bagi Anda menemukan sabun mandi dengan pH di angka tersebut. Untuk menanganinya, pilihlah sabun mandi dengan pH yang paling rendah dibandingkan dengan sabun lain dan mengandung bahan pelembap kulit.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id