Apakah Penggunaan Masker Bedah Dapat Mencegah Penularan Virus Korona?

    Raka Lestari - 28 Januari 2020 13:09 WIB
    Apakah Penggunaan Masker Bedah Dapat Mencegah Penularan Virus Korona?
    Apakah penggunaan masker bedah berguna? Berikut informasinya. (Foto: Courtesy Fox New)
    Jakarta: Wabah coronavirus yang mematikan yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, dilaporkan telah menewaskan setidaknya 41 orang. Para pejabat dan dokter setempat mendorong masyarakat untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut. Namun seberapa efektif penggunaan masker untuk mencegah penularan virus Korona tersebut?

    "Masker bedah tidak akan mencegah penyakit yang Anda derita," kata Dr William Schaffner, seorang profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University, dan direktur medis di National Foundation for Infectious Diseases, dilansir dari Fox News.

    "Ia menjelaskan bahwa masker yang biasanya digunakan di ruang bedah tersebut biasanya digunakan oleh ahli bedah untuk melindungi pasien mereka dari kuman yang ditularkan melalui mulut, tetapi masker tersebut tidak bekerja dalam mencegah terhirupnya penyakit," ujar Schaffner.

    Masker, yang menutupi hidung dan mulut, sering dibuat dari bahan yang tipis dan tidak dipasang pada wajah. Dengan kata lain, ruang dan celah bisa terbentuk di sekitar pipi dan tepi mulut, sehingga udara masih bisa masuk dan keluar.

    "Saat batuk, Anda bisa merasakan embusan udara keluar dari masker,” kata Schaffner. "Masker yang lebih efektif atau yang dikenal sebagai respirator N-95, mungkin lebih efektif," lanjut Schaffner. 

    Tetapi, ia mencatat bahwa seorang profesional non-medis yang menggunakan masker ini kemungkinan tidak menggunakannya dengan benar sehingga tidak banyak melakukan pencegahan penyebaran penyakit atau menghirup penyakit. 

    Adapun langkah-langkah yang lebih preventif, Schaffner merekomendasikan untuk selalu mencuci tangan dengan baik dan benar.

    Disebutkan bahwa Centers for Disease Control and Prevention (CDC) saat ini merekomendasikan untuk siapa saja yang terinfeksi virus Korona atau diduga terkena virus tersebut untuk memakai masker bedah ketika sedang berada di luar rumah.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id