Manfaat Nose Breathing

    Dhaifurrakhman Abas - 16 Juli 2019 08:56 WIB
    Manfaat <i>Nose</i> <i>Breathing</i>
    Berikut manfaat nose breathing yang dilakukan oleh panyanyi Andien dan keluarganya. (Foto: Dok. Instagram Andien Aisyah/@andienaisyah)
    Ramai diperbincangan sebuah tren baru tidur dengan mulut diplester yang dilakukan oleh Andien dan keluarganya diketahui sebagai teknik nose breathing. Ini dilakukan kata penyanyi Andien Aisyah lewat Instagram miliknya @andienaisyah agar mencapai deep sleep atau tidur yang berkualitas.


    Jakarta: Dengan mulut diplester saat tidur, maka yang terjadi adalah nose breathing atau bernapas dari hidung. Melansir Breathing, sebagian besar penelitian menunjukkan bernapas melalui hidung merupakan cara yang benar dan paling optimal untuk bernapas.

    Sebab hidung merupakan bagian dari sistem pernapasan yang dirancang khusus untuk bernapas. Selain itu mekanisme menghirup dan menghembuskan napas melalui hidung secara konsisten memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya, seperti dikutip Breathing.

    1. Membantu memerangi infeksi

    Ketika Anda bernapas melalui hidung, udara dihangatkan, dibasahi, dikondisikan dan dicampur dengan oksida nitrat. Proses tersebut dapat membunuh bakteri yang mematikan di dalam tubuh, khsusnya di bagian saluran udara, arteri, dan kapiler. Sehingga bernapas lewat hidung relatif mencegah penyakit yang menular di udara.

    Manfaat <i>Nose</i> <i>Breathing</i>
    (Ramai diperbincangan sebuah tren baru tidur dengan mulut diplester yang dilakukan oleh Andien dan keluarganya diketahui sebagai teknik nose breathing. Foto: Dok. Instagram Andien Aisyah/@andienaisyah)

    2. Pernapasan hidung melancarkan aliran darah dan udara di paru

    Vasodilatasi juga terjadi saat tubuh memproduksi oksida nitrat. Hal ini dapat meningkatkan luas permukaan alveoli. Ini berarti tubuh menerima oksigen lebih efisien ketika manusia bernapas melalui hidung.

    Selain itu, sebuah studi berjudul Oronasal Obstruction, Lung Volumes, and Arterial Oxygenation juga mengungkapkan manfaat bernapas lewat hidung. Studi mengatakan, bernapas melalui hidung meningkatkan sirkulasi oksigen darah dan kadar karbon dioksida dalam tubuh.

    “Ini juga memperlambat laju pernapasan dan meningkatkan volume paru-paru secara keseluruhan,” ujar Campbell, yang merupakan salah satu penulis studi.

    3. Membantu menjaga suhu tubuh

    Sebuah studi berjudul Air-conditioning in the Human Nasal Cavity menyebutkan, bernapas melalui hidung membantu suhu tubuh tetap berada pada titik ideal. Pernapasan lewat hidung berperan 90 persen dalam proses tersebut.

    "Tidak hanya menyediakan sekitar 90 persen dari kebutuhan pendingin udara, tapi juga memulihkan sekitar 33 persen dari panas dan kelembapan yang dihembuskan,” ujar Michael Wolf, salah satu penulis studi.

    4. Membantu fungsi otak lebih baik

    Bernapas melalui hidung juga disebut mampu bikin kinerja otak bekerja lebih optimal. Sebab, bernapas lewat hidung membuauat salah satu bagian otak, hipotalamus bekerja lebih optimal.

    Hipotalamus merupakan bagian otak yang melibatkan banyak fungsi dalam tubuh manusia. Utamanya dalam fungsi motorik otomatis seperti detak jantung, tekanan darah, rasa haus, nafsu makan, dan siklus tidur.

    Hipotalamus juga bertanggung jawab untuk menghasilkan bahan kimia yang memengaruhi daya ingat dan emosi. Sebab aliran napas yang masuk dalam lobang hidung memengaruhi kinerja otak kiri dan kanan. 

    "Peningkatan aliran udara melalui lubang hidung kanan berkorelasi dengan peningkatan aktivitas otak kiri dan peningkatan kinerja verbal. Sedangkan peningkatan aliran udara melalui lubang hidung kiri dikaitkan dengan peningkatan aktivitas otak kanan dan peningkatan kinerja spasial,” ujar Shannahoff dalam studi berjudul The Ultradian Rhythm of Alternating Cerebral Hemispheric Activity.

    Shannahoff juga mengatakan, bernapas melalui hidung membatasi asupan udara dan memaksa seseorang untuk memperlambat detak jantung. Hal ini dapat mengurangi hipertensi dan stres.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id