Manfaat Mengunyah Permen Saat Pesawat Lepas Landas

    Sri Yanti Nainggolan - 25 Januari 2017 06:00 WIB
    Manfaat Mengunyah Permen Saat Pesawat Lepas Landas
    (Foto: Healthy Tips City)
    medcom.id, Jakarta: Perubahan tekanan yang terjadi dalam pesawat membuat pendengaran menjadi tak normal, sehingga seringkali menimbulkan suara berdengung.

    Mengapa bisa demikian?
    Dr Harim Priyono, SpTHT-KL (K) selaku Staf Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI menjelaskan, perubahan tekanan membuat saluran belakang telinga memerlukan pertukaran udara.

    Pada kondisi ini, tuba eustachius berfungsi sebagai saluran penghubung antara saluran telinga belakang ke gendang telinga (saluran tengah) dengan rongga di belakang hidung.

    Untuk membuka saluran tersebut, diperlukan gerakan rahang agar udara bisa keluar. Gerakan rahang bisa dilakukan dengan mengunyah permen atau membuka rahang ketika pesawat mulai lepas landas.

    "Makanya, sebelum penenrbangan biasanya penumpang diberi permen, bukan untuk dikasih yang manis-manis, tapi membuka saluran tuba eusthacius," ungkapnya dalam  media workshop Teknologi Implan Koklea di RSCM Kencana, di Jakarta, Selasa (24/1/2016).

    Begitu juga saat pesawat mendarat, terjadi kenaikan udara di kabin sehingga tekanan gendang telinga terdorong ke dalam. Dalam keadaan demikian, penumpang disarankan untuk meniup.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id