Haruskah Anda Bekerja Sesuai Passion?

    Sandra Odilifia - 15 September 2020 16:26 WIB
    Haruskah Anda Bekerja Sesuai <i>Passion?</i>
    Apakah Anda sudah bekerja sesuai dengan passion Anda? Jika tidak ini kata psikolog soal yang Anda pilih. (Foto: Ilustrasi. Dok. Brooke Cagle/Unsplash.com)
    Jakarta: Passion merupakan dorongan diri yang dirasakan seseorang untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai atau minati, dan juga dirasakan penting untuk dilakukan. Dengan kata lain passion berarti kondisi ketika minat diikuti dengan motivasi yang juga kuat.

    Zorana Ivcevic, peneliti di Yale Center for Emotional Intelligence dan Direktur Emotion and Creativity Lab, menyarankan akan pentingnya memasang target baru terkait dengan minat yang Anda miliki.

    Menurutnya, mengembangkan passion dan minat baru perlu diikuti dengan komitmen. Caranya, dengan menggabungkan aktivitas baru yang menjadi target tujuan dalam kehidupan sehari-hari kita, dan setelah berhasil dilakukan, lanjut kepada memasang target-target baru.

    Begitupun seterusnya. Siklus ini akan membangun komponen emosional atau dorongan motivasi dari sebuah passion.

    Ada dua tipe passion menurut Professor J. Vallerand. Pertama, Harmonius Passion yang merupakan passion positif. Dengan melakukan sesuatu atas dasar kesenangan, kecintaan, serta seirama dengan kecintaan Anda akan sesuatu. Misalnya, menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan.

    Kedua, Obsessive Passion yakni passion yang membutuhkan dorongan luar diri yang dijadikan sebagai landasan beraktivitas. Misalnya, keinginan untuk mendapatkan gaji tinggi demi menafkahi keluarga tanpa peduli jenis pekerjaannya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id