Mi Bahaya untuk Mereka yang Mag

    Kumara Anggita - 04 Juli 2020 17:03 WIB
    Mi Bahaya untuk Mereka yang Mag
    Mi instan adalah sesuatu yang harus Anda hindari ketika punya penyakit mag. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Mi instan adalah sesuatu yang harus Anda hindari ketika punya penyakit mag. Ini karena kandungan yang ada di mi tersebut bisa menaikan asam lambung Anda. Kenapa bisa demikian?

    Berikut penjelasannya lebih lanjut oleh Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Spesialis Penyakit Dalam. Prof. Ari menekankan agar sebelum mengonsumsi apa-apa, masyarakat perlu melihat informasi nilai gizi terlebih dahulu. Dari sana Anda bisa lihat apakah ada bahan-bahan makanan yang bisa memicu penyakit yang Anda miliki sekarang. 

    “Mi ada unsur karbohidratnya, ada unsur lemaknya, ada unsur natriumnya. Ini hal-hal yang memang bisa mengganggu atau memperburuk keluhan apabila kita punya keluhan di lambung. Mag itu menyebabkan pengosongan lambung  jadi terlambat, kita tahu asin-asin (dari natrium) itu bisa merangsang produksi asam lambung jadi meningkat,” ungkapnya dalam Instagram Live dengan tema Apa Kata Dokter: Berbagai Pertanyaan Seputar Konsumsi Mie Instan.

    “Oleh karena itu, maka kalau kita penderita gerd dan sekarang lagi kambuh jangan makan mi dulu,” lanjutnya.

    Apa yang harus dimakan ketika mag lagi kambuh?

    Menurutnya ketika mag Anda kambuh, cobalah makanan yang simpel-simple dulu. “Hindari makanan yang asam-asam, pedas-pedas, asin, cokelat, keju, lemak , berminyak-minyak itu kita hindari dulu. Paling aman bubur lah makanannya ya pakai kecap ya masih bisa atau pakai sop tapi juga jangan berminyak. Kalau lauk  pilihannya white meat. Ini seperti daging ikan atau ayam atau putih telur,” ungkapnya.

    Bolehkah kita makan mi lagi?

    Bila Anda punya penyakit mag, ini bukan berarti Anda tidak bisa makan sama sekali. Ketika mag Anda sudah membaik, Anda boleh kembali mengonsumsinya dengan porsi yang dibatasi.

    “Apakah seumur hidup saya tak boleh makan mi? tidak juga, kalau lambung sudah enak silahkan dikonsumsi lagi tapi jangan berlebihan. Anjuran saya mi setengah saja dan bumbunya setengah saja,” jawabnya.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id