Begini Cara Penyebaran Virus Korona di Kapal Pesiar

    Raka Lestari - 10 Februari 2020 18:32 WIB
    Begini Cara Penyebaran Virus Korona di Kapal Pesiar
    Kapal Pesiar Diamond Princess (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU)
    Jakarta: Virus korona tak hanya mewabah ke berbagai negara. Virus yang berasal dari Kota Wuhan ini juga menyasar ke kapal pesiar.

    Ada beberapa kasus penyebaran virus korona di kapal pesiar. Diantaranya adalah pada kapal pesiar Diamond Princess, Westerdam, World Dream, dan Royal Caribbean.

    Menurut Centers for Disease Control and Prevention, penularan virus di kapal pesiar terjadi karena membawa banyak orang secara bersamaan dengan kondisi yang semi tertutup. Hal itu dapat memfasilitasi penyebaran penyakit dari orang ke orang, makanan, atau melalui air.

    Menurut CDC, masalah kesehatan yang cukup sering dilaporkan terjadi di kapal pesiar adalah infeksi pernapasan, infeksi norovirus, dan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin seperti cacar air.

    Permasalahan besar lainnya yang berhubungan dengan perjalanan kapal pesiar adalah bahwa ketika penumpang kapal pesiar sudah keluar, langsung disiapkan untuk perjalanan selanjutnya.

    “Wabah yang terjadi di kapal pesiar biasanya dapat terjadi pada beberapa perjalanan yang disebabkan oleh transmisi virus antar kru kapal yang masih berada di dalam kapal atau melalui kontaminasi virus di lingkungan sekitar yang persisten,” menurut CDC.

    Selama perjalanan, penumpang juga terkena penyakit ketika sedang beristirahat di pelabuhan dan menyebarkannya ketika sudah kembali ke dalam kapal.

    Akan tetapi penyebaran virus korona sampai saat ini, cenderung lebih cepat menyebar melalui kontak dari manusia ke manusia dalam jarak dekat.

    “Belum ada bukti yang menyebutkan bahwa coronavirus telah menyebar lebih cepat di kapal pesiar daripada di tempat lain,” ujar Jeremy Brown, MD, direktur Office of Emergency Care Research di National Institute of Health.
     
    Dr Brown juga menegaskan bahwa kapal pesiar bukanlah satu-satunya tempat yang berisiko tinggi untuk penyebaran virus. Hotel, kampus, restoran, dan tempat pesta juga salah satu contoh lain yang bisa menjadi tempat penularan coronavirus dan juga  penyakit infeksi lainnya.

    Jika Anda akan bepergian menggunakan kapal pesiar dalam waktu dekat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda menurut Dr Brown. Di antaranya jika sistem imun Anda sedang tidak bagus, sebaiknya hindari acara yang terdapat banyak orang di mana infeksi bisa menyebar.

    "Selain itu, tutup mulut Anda ketika sedang batuk atau bersin untuk menghindari penyebaran kuman, dan bersihkan selalu tangan Anda dengan sabun,” tutupnya.

    Sebelumnya, sebanyak 78 warga negara Indonesia diketahui berada di dalam kapal pesiar Diamond Princess. Saat ini, mereka masih dikarantina Pemerintah Jepang di pelabuhan Yokohama, Sabtu 8 Februari 2020.

    10 Penumpang Kapal Pesiar Jepang Positif Korona




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id