Langkah Tepat Mencuci Wajah

    Sunnaholomi Halakrispen - 18 Februari 2020 17:12 WIB
    Langkah Tepat Mencuci Wajah
    dr. Eddy Karta, SpKK, di The MAJ Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Februari 2020. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
    Jakarta: Wajah yang bersih memengaruhi kesehatan kulit wajah. Mencuci wajah merupakan kuncinya dan ada langkah tepat yang bisa diterapkan saat menggunakan facial wash.

    "Kalau wajahnya kotor banget, bersihkan minyak. Lawan minyak itu pilihannya bisa pakai pembersih, bisa pakai oil cleanser," ujar dr. Eddy Karta, SpKK, di The MAJ Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Februari 2020.

    Apabila tidak memiliki waktu untuk mencuci wajah dengan oil cleanser atau terpaksa, bisa memakai micellar water. Setelah itu, pakailah sabun yang kemudian disiram atau dibilas dengan air bersih. Lalu, Anda bisa menggunakan toner.

    "Cuci muka minimal dua kali. Pertama, pagi saat bangun tidur. Penting karena kalau kita pakai moisturizer itu ada umurnya 8 jam basi di wajah dan harus dibersihkan. Jangan ada moisturizer bekas semalam sampai siang," paparnya.

    Pembersihan wajah yang kedua kalinya, dilakukan saat telah menyelesaikan beragam aktivitas di keseharian. Ia menekankan, minimal mencuci wajah selama dua kali dalam satu hari.

    "Jadi kalau malam enggak mencuci muka lagi, misalnya pulangnya magrib enggak mau cuci muka lagi, setidaknya dibasuh air. Kalau make-up-nya enggak berat banget bisa langsung pakai sabun," tuturnya.

    Apabila hanya memakai bedak tabur, sunscreen, apalagi yang water base, pakai sabun saja terbilang cukup. Langkah mencuci wajah pun berbeda untuk pembersihan terhadap heavy make-up atau make-up yang berlebihan.

    Ketika mengenakan make-up-nya yang mencakup BB cushion atau foundation, maka sebaiknya melakukan double cleansing. Langkah tersebut dilakukan agar tidak ada sisa make-up yang tertinggal di wajah.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id