Bikin Masker Sendiri, Kiat Sukses Republik Ceko Tekan Penyebaran Covid-19

    Sunnaholomi Halakrispen - 31 Maret 2020 17:05 WIB
    Bikin Masker Sendiri, Kiat Sukses Republik Ceko Tekan Penyebaran Covid-19
    Masker sederhana buatan rumah dapat mencegah hingga 100 persen persebaran dari micro-droplets yang berpotensi terinfeksi. (Foto: Ilustrasi Pexels)
    Jakarta: Kasus penyebaran penyakit virus korona atau covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 masih terjadi. Salah satu pencegahan penyebaran virus ialah dengan menggunakan masker. Namun, sulit sekali mendapatkan masker sekali pakai.

    Ternyata, menggunakan masker kain yang bisa dicuci bersih dan dipakai kembali, juga bisa dijadikan solusi. Manfaatnya sama, mencegah transmisi (penyebaran virus) melalui bersin, batuk, bahkan bernapas, dari Anda ke orang lain.

    Sebuah video beredar tentang bagaimana upaya Republik Ceko menekan penyebaran covid-19. Salah satunya, penerapan social distancing dan adanya aturan tinggal di rumah saja.

    Meskipun negara lain juga melakukannya, namun di Republik Ceko, diterapkan dengan ketat bersamaan dengan prosedur kebersihan yang tepat. Setiap orang yang terpaksa pergi ke luar rumah, harus menggunakan masker.

    Masker tidak akan melindungi Anda. Tetapi, ada riset yang membuktikan bahwa masker buatan rumah pun bisa melindungi secara parsial. Perlindungan ini sangat penting terkait penyebaran virus.

    "Berdasarkan data terbaru kami tahu bahwa masyarakat yang menggunakan masker sangat penting dalam menekan penyebaran virus ini," ujar Prof. Vojtech Petracek, Ph.D selaku Particle Physics President of The Czech Technologi University.

    Banyak orang paling berisiko menulari orang lain, justru sebelum mereka mulai menunjukkan gejala sakit. Maka demikian, ketika saling memakai masker, Anda melindungi orang lain sekaligus orang lain melindungi Anda. Kedua belah pihak akan sama-sama aman.

    "Berdasarkan pengalaman profesional kami, masker sederhana buatan rumah dapat mencegah hingga 100 persen persebaran dari micro-droplets yang berpotensi terinfeksi," tutur Vladimir Zdimal, pH.D selaku Head of The Department of Chemistry and Aerosol Physics, Crech Academy of Sciences.

    Emil Paclik, M.D., Ph.D. selaku Microbiologist and Virologist pun menyatakan bahwa ketika lebih banyak orang yang menggunakan masker, maka lebih sedikit virus tersebar. Lantaran demikian, akan lebih sedikit orang yang tertular virus tersebut.

    Sementara masker sekali pakai tidak mudah didapatkan dengan harga yang masuk akal, beban akan lebih ringan ketika saling bergotong royong. Apalagi, ketika orang-orang mulai membuat masker rumahan dan membagikannya secara gratis kepada orang lain.

    Per Senin 30 Maret, Republik Ceko telah menguji 48 ribu lebih orang yang masuk dalam pemantauan terinfeksi covid-19. Ada sebanyak 3 ribu kasus dikonfirmasi, di mana yang sembuh sebanyak 25 orang dan meninggal berjumlah 30 orang.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id