Perangi Covid-19 dengan Memanfaatkan Telemedicine

    Sunnaholomi Halakrispen - 31 Maret 2020 19:08 WIB
    Perangi Covid-19 dengan Memanfaatkan Telemedicine
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Penyebaran penyakit virus korona atau covid-19 masih terjadi di Indonesia. Mawas diri sangat disarankan, tapi tak perlu panik.

    Seiring dengan itu, sejumlah platform kesehatan bergabung dalam telemedicine yang bisa memberikan konsultasi bagi masyarakat terkait covid-19.

    "Ini hasil kerja yang telah diminta oleh Ketua Gugus Tugas pada kami dari BUMN untuk menyatukan seluruh platform kesehatan," ujar Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta Timur.

    Hal tersebut merupakan kerjasama antara Gugus Tugas Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan beberapa platform kesehatan. Di antaranya, Halodoc, SehatQ, Grab Health, Klikdokter, Pro Sehat, Dokter Sehat, Link Medis Sehat, dan Data Enzim.

    "Bagaimana kami harus membuat sebuah cara supaya para pasien yang masih ataupun artinya dia positif tapi mampu untuk di rumah saja, dan selama ini tidak terpantau kami harus carikan solusi," paparnya.

    Terdapat informasi yang dapat membantu masyarakat menjalankan isolasi mandiri di rumah. Termasuk, bagi pasien positif covid-19 yang tidak dirawat di rumah sakit.

    Pasien juga bisa melakukan konsultasi dengan ahlinya saat menggunakan layanan kesehatan melalui fasilitas internet atau secara online maupun dengan sambungan telepon. Dengan demikian, pelaksanaan isolasi mandiri di rumah bisa lebih terkontrol dengan tepat.

    "Jadi nanti teman-teman ataupun ada keluarga kita yang kena positif (covid-19) kalau memang masih sehat (tanpa gejala), secara konsep, pemerintah harapkan melakukan isolasi mandiri di rumah. Tapi selama ini enggak ada yang melayani," tuturnya.

    Apabila pasien mengalami kondisi kesehatan menurun, maka dari platform yang digunakan akan memberikan warning kepada BNPB dan rumah sakit rujukan untuk mengirimkan tenaga kesehatan ke lokasi pasien. Selanjutnya, akan ditentukan apakah pasien akan lanjut merawat diri di rumah atau dibawa ke rumah sakit rujukan.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id