Keramas Setiap Hari Dianjurkan untuk Mereka yang Berketombe

    Kumara Anggita - 06 Maret 2020 13:02 WIB
    Keramas Setiap Hari Dianjurkan untuk Mereka yang Berketombe
    Kepala berketombe adalah masalah yang dapat sedikit dibantu dengan keramas setiap hari. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kepala berketombe adalah masalah yang dapat sedikit dibantu dengan keramas setiap hari. Sayangnya, banyak orang tidak mau melakukannya karena takut rambutnya jadi kering.

    Dilansir dari Huffpost, Amy Kassouf, M.D., seorang dokter kulit di Klinik Cleveland menyebutkan bahwa ketombe berasal dari reaksi berlebihan terhadap ragi yang biasa ditemukan pada kulit, yang menyebabkan produksi minyak berlebih. Ini menyebabkan iritasi, dan pembentukan serpihan berminyak dan berlilin.

    Anda mungkin berpikir bahwa Anda harus  lebih jarang keramas ketika sedang berketombe, tetapi itu justru menjadi sumber kesalahan. 

    Dalam keadaan normal, keramas tiap hari bisa buat rambut menjadi kering. Namun orang yang berketombe adalah kasus yang lain. Saat itu, kulit kepala sedang produksi minyak berlebih. Oleh karena itu, keramas setiap hari untuk membersihkan minyak itu penting untuk dilakukan.

    Dr. Kassouf menyarankan keramas setiap hari selama satu atau dua minggu sampai solusi mulai dan simposium menjadi lebih baik. Juga luangkan waktu untuk menyikat rambut Anda beberapa kali sehari. 

    "Melakukan ini, terutama sebelum tidur, membantu mendistribusikan minyak alami," kata Johnson.

    Selain keramas, Anda bisa juga mencoba trik-trik lain untuk mengurangi ketombe antara lain:

    Menggunakan shampo anti ketombe 

    Mencari shampo anti ketombe adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan ketika sudah melihat titik-titik putih menyebar pada pundak Anda. Namun agar lebih efektif, coba untuk melihat bahan-bahan yang terkandung pada shampo tersebut. Apakah cocok atau tidak.

    “Shampo ketombe datang dengan banyak bahan yang berbeda,” kata Amy Kassouf, M.D., seorang dokter kulit di Klinik Cleveland,

    Cara terbaik Anda adalah dengan membaca label shampo untuk mengetahui bahan aktifnya. "Shampo dengan asam salisilat membantu mengelupas sisik. Selenium sulfida atau seng pyrithione mampu mengurangi peradangan dan beberapa jenis bakteri dan ragi lainnya. Sementara ketoconazole khususnya untuk mengurangi ragi di kulit kepala," kata Dr. Kassouf.

    Steroid topikal 

    Dokter kulit Anda dapat meresepkan larutan steroid topikal seperti hidrokortison, yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit kepala.

    Tea Tree Oil 

    Tea tree oil alami ini dapay ditemukan dalam makanan  dan toko vitamin, umumnya digunakan sebagai zat pada kulit untuk membantu membuka pori-pori. Anda bisa mengoleskan tea tree oil ini beberapa tetes ke kulit kepala untuk membantu mengurangi rasa gatal dan minyak.

    Cuka putih atau cuka Apel 

    Memanfaatkan bahan dapur pun terkadang bisa membantu menghilangkan masalah ketombe dan kulit kepala ini. Gunakan cuka putih atau cuka apel yang diencerkan dengan air pada kulit kepala Anda.

    “Terkadang sesuatu yang sederhana seperti membilas dengan larutan cuka encer dapat mengubah pH kulit dan menyeimbangkan kembali flora dan mengurangi iritasi,” kata Dr. Kassouf.

    Anda tinggal sesuaikan cara mana yang paling cocok dengan. Tak ada salahnya pula untuk berkonsultasi ke dokter bila Anda sudah tak sanggup lagi menanganinya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id