6 Fakta Sisa Makanan yang Sering Anda Buang

    Sandra Odilifia - 27 September 2020 11:00 WIB
    6 Fakta Sisa Makanan yang Sering Anda Buang
    Beberapa kulit dan empulur buah serta batang sayuran dibuang begitu saja. Beberapa di bawah ini yang bisa Anda ketahui manfaatnya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Kebanyakan orang terjebak dalam cara konvensional dalam menyiapkan makanan, seperti mengupas kulit atau membuang batang. Padahal, tanpa disadari Anda telah membuang bagian terbaik dari buah dan sayuran itu.

    Melansir dari Foodnetwork, beberapa potongan buah dan sayur yang paling tidak dipikirkan sebenarnya memiliki nutrisi dan rasa paling baik. Untuk mengetahuinya, berikut telah dirangkum dalam Medcom.id.

    1. Kulit apel

    Sebagian orang, memakan apel dengan mengupas dan membuang kulitnya. Namun, sebenarnya kulit apel memiliki nutrisi yang sedikit lebih banyak daripada dagingnya.

    Kulit apel kaya akan serat tidak larut, serat larut dan vitamin C, nutrisi ini berfungsi membersihkan sistem pencernaan, membuang racun dan limbah dari tubuh. Kulit ini juga kaya akan quercetin, yang merupakan antiinflamasi kuat yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

    2. Kulit jeruk

    Sebagian besar nutrisi luar biasa jeruk sebenarnya terletak pada kulit dan intinya, yang merupakan bagian berserabut putih di sekitar dagingnya. Intisari mengandung herperidin, yang telah terbukti menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah dan peradangan.

    Intisari dan kulit jeruk juga mengandung pektin, yang dikenal sebagai serat buah, yang membantu menjaga tubuh tetap kenyang sekaligus menekan rasa lapar.

    Saat mengupas jeruk untuk dimakan, ingatlah untuk menjaga lapisan empulurnya (membran putih yang mengelilingi buah), dan gunakan sisa kulit jeruk untuk makanan yang dipanggang, misalnya parut pada ayam atau ikan dan masukkan ke dalam smoothie.
     

    Halaman Selanjutnya
      3. Batang ketumbar Saat…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id