Perbedaan Jerawat Biasa dengan Jerawat Batu

    Raka Lestari - 21 Mei 2020 07:00 WIB
    Perbedaan Jerawat Biasa dengan Jerawat Batu
    Ini dia beda jerawat biasa dengan jerawat batu yang bisa Anda ketahui. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Terutamanya adalah para remaja atau dewasa muda. Meskipun memang terkadang kelompok usia berapa pun bisa saja mengalami jerawat.

    “Jerawat itu kondisi kulit di mana terdapat sumbatan pada folikel rambut. Sumbatan tersebut terdiri dari sel-sel kulit mati dan minyak. Dan jerawat sendiri, memiliki dua tipe yaitu yang tidak bersifat radang dan yang bersifat meradang,” ujar dr. Yetti Affandi SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin sekaligus sebagai wakil Ketua Komite Medis Estetika Klinik Estetika dr. Affandi, melalui Live IG di akun @medcom.id, Rabu, 20 Mei 2020.

    Menurut dr. Yetti, jerawat yang tidak bersifat radang contohnya adalah komedo sedangkan jerawat yang bersifat radang biasanya menyebabkan jerawat yang kemerahan atau terkadang terlihat seperti bisul di kulit.

    Selain itu, ada juga jenis jerawat yang cukup dikenal di masyarakat yaitu jerawat batu.

    “Jerawat batu sebenarnya komedo atau whitehead yang tertutup. Penyebabnya juga sama saja seperti jerawat pada umumnya yaitu sel kulit mati atau minyak yang terjebak di folikel rambut,” ujar dr. Yetti.

    “Hanya saja, jerawat batu itu tidak menyebabkan terjadinya peregangan pada folikel rambut. Sehingga jerawat itu seperti terjebak dan memang tidak sampai menyebabkan pori-pori kulit sampai terbuka,” tambahnya.

    Menurutnya, jerawat batu juga memiliki bentuk yang besarnya bervariasi.

    “Ada yang kecil, tetapi ada juga yang cukup besar. Kalau jerawat batu yang kecil ini biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi kalau cukup besar sebaiknya perlu bantuan untuk melakukan ekstraksi pada jerawat tersebut sehingga sebaiknya tidak memencet-mencet jerawat tersebut,” pesan dr. Yetti.

    “Ekstraksi komedo sebaiknya tidak dilakukan sendiri. Untuk mengeluarkan isi komedi tersebut bisa menggunakan alat bantu. Jadi kalau sembarangan bisa menambah parah komedo itu sendiri dan bisa menyebabkan scar atau bopeng pada wajah,” ia memeringati.

    Ia juga menambahkan bahwa pada dasarnya, semua jenis kulit bisa mengalami jerawat.

    “Meskipun memang jenis kulit yang berminyak lebih rentan, tetapi yang tipe kulit kering juga tetap bisa mengalami jerawat misalnya karena faktor lingkungan atau skincare atau kosmetik yang salah sehingga kulit menjadi iritasi,” tutupnya.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id