Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan

    Kumara Anggita - 30 Juni 2020 10:07 WIB
    Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan
    Tak hanya kaya rasa, telur bebek juga memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Tak hanya kaya rasa, telur bebek juga memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Telur ini bahkan dibilang lebih bernutrisi dibandingkan telur ayam.

    Dilansir dari Healthline, telur adalah sumber protein berkualitas tinggi. Makanan satu ini memasok semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membangun protein. Kuning telur kaya akan lemak dan kolesterol, serta banyak vitamin dan mineral.

    Menurut sumber, telur bebek sedikit lebih bergizi daripada telur ayam, ini karena ukurannya. Telur bebek rata-rata memiliki berat sekitar 2,5 ons (70 gram), sedangkan telur ayam besar lebih dekat dengan 1,8 ons (50 gram). Dengan demikian, Anda mendapatkan lebih banyak nutrisi dalam satu telur bebek daripada dari makan telur ayam.

    Hal ini membuat telur bebek jadi lebih unggul dan patut Anda coba karena. Berikut ini manfaat dari mengkonsumsi telur bebek untuk kesehatan:

    1. Telur bebek lebih bervitamin

    Telur bebek memiliki beragam vitamin dan mineral. Terutama, mengandung hampir seluruh hari vitamin B12, yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, sintesis DNA, dan fungsi saraf yang sehat.

    2. Telur bebek bagus untuk orangtua

    Kuning telur bebek mendapatkan warna oranye-kuning dari pigmen alami yang disebut karoten. Ini adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel dan DNA Anda dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit kronis dan terkait usia.

    Karotenoid utama dalam kuning telur adalah karoten, cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein yang terkait dengan risiko yang lebih rendah dari degenerasi makula terkait usia, katarak, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

    3. Telur bebek bagus untuk otak

    Kuning telur juga kaya akan lesitin dan kolin. Kolin adalah nutrisi seperti vitamin yang penting untuk membran sel yang sehat, serta otak, neurotransmiter, dan sistem saraf Anda. Lecithin diubah menjadi kolin dalam tubuh Anda.

    Kolin sangat penting untuk kesehatan otak. Sebuah penelitian pada hampir 2.200 orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa kadar kolin yang lebih tinggi dalam darah terkait dengan fungsi otak yang lebih baik.

    4. Telur bebek bagus buat kehamilan

    Telur bebek juga merupakan nutrisi penting selama kehamilan. Ini karena choline mendukung perkembangan otak janin yang sehat.

    5. Telur bebek melindungi Anda dari infeksi 

    Bagian putih bebek dan jenis telur lainnya terkenal kaya protein, tetapi juga dapat melindungi Anda dari infeksi. Para peneliti telah mengidentifikasi banyak senyawa dalam putih telur yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id