Definisi Prank yang Sesungguhnya

    Kumara Anggita - 12 Mei 2020 12:20 WIB
    Definisi Prank yang Sesungguhnya
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Sejatinya, prank sudah ada sejak dahulu. Namun sejak era serba internet ini, prank jadi semakin liar. Mengingat kegiatan ini menarik para netizen. Sebenarnya apa sih arti dari prank itu sendiri? Berikut penjelasannya oleh Kriminolog, Haniva Hasna M. Krim.

    Haniva menjelaskan bahwa fenomena prank atau tindakan jahil yang berupa jebakan sudah banyak diminati oleh para youtuber. Sehingga dijadikan salah satu konten favorit yang akhirnya diimitasi oleh penontonnya. Prank merupakan kegiatan menjahili seseorang yang bisa dibilang kurang masuk diakal.

    “Aktivitas yang dilakukan tidak logis atau tidak sesuai penalaran,” ungkap Haniva saat dihubungi Medcom.id.

    Prank adalah komedi gelap

    Prank termasuk dalam komedi gelap. Ini artinya, candaan tersebut mengandung hal-hal yang dianggap negatif. Candaan ini sering mengundang kontroversi.

    “Lelucon atau guyonan yang sengaja dibuat oleh seseorang dari sesuatu yang awalnya mengandung konten negatif seperti pornografi, kekerasan, vandalism, tragedy, sarkasme serta hinaan terhadap golongan tertentu. Yang bisa mengandung makna mengerikan atau kejam di balik leluconnya,” ujar Haniva.

    Definisi Prank yang Sesungguhnya
    Kriminolog, Haniva Hasna M. Krim.

    “Biasanya muncul dalam situasi yang tak nyaman, tertekan sehingga muncul untuk meringankan keadaan," tambahnya.

    Prank itu lucu namun bisa merembet ke ranah hukum. Walaupun sifatnya bercanda, prank yang sifatnya dark humor itu bisa merugikan orang lain. Sehingga bercandaan ini bisa sampai dibawa ke ranah hukum.

    “Konten video prank yang menghibur terdapat humor atau kelucuan di dalamnya. Namun, Bila sudah ada pihak yang dirugikan, bukan prank namanya, bisa masuk dalam ranah hukum karena sudah menyangkut perbuatan tidak menyenangkan, merugikan yang berakibat pada kemarahan (baik yg terlibat langsung maupun kemarahan masyarakat),” jelas Haniva.

    Oleh karena itu, pastikan Anda membuat prank yang tetap masuk akal dan tidak merugikan orang lain. Jadikan candaan sebagai sesuatu yang positif bukan negatif.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id