3 Minuman Terbaik untuk Penderita Batu Ginjal

    Sunnaholomi Halakrispen - 15 September 2020 15:11 WIB
    3 Minuman Terbaik untuk Penderita Batu Ginjal
    Berikut ini tiga minuman untuk penderita batu ginjal. (Foto: Dok. Damir Spanic/Unsplash.com)
    Jakarta: Penderita batu ginjal harus mengonsumsi obat-obatan yang telah dianjurkan dokter setelah melakukan konsultasi. Selain itu, perawatan alami terbaik pun harus dilakukan selama berada di rumah, apalagi di tengah pandemi covid-19.

    Dikutip dari Insider, batu ginjal adalah timbunan keras senyawa yang biasanya ditemukan dalam urine yang menggumpal di saluran kemih Anda. Biasanya, batu ginjal diobati dengan perubahan pola makan atau pengobatan. 

    Namun, ada juga pengobatan rumahan yang bisa membantu mencegah bahkan mengobati batu ginjal. Berikut ini tiga minuman yang bisa menjadi rekomendasi Anda seperti dilansir dari Honah Liles via Insider.

    1. Minum air

    Jika Anda memiliki batu ginjal, atau rentan terkena batu ginjal, hal pertama yang kemungkinan besar akan diberitahukan dokter kepada Anda adalah memastikan Anda minum banyak air. Sebab, batu ginjal terbentuk ketika mineral dan garam tertentu dalam urine Anda menggumpal. 

    Minum banyak air membantu menjaga urine Anda tetap encer dan mengeluarkan ginjal dan saluran kemih Anda, sehingga mineral dan garam tidak menumpuk dan berubah menjadi batu. Apa pun jenis batu ginjal yang Anda miliki, minum banyak air mineral akan membantu.

    Menurut Kiersten Craig, MD, ahli urologi di Weil Cornell Medicine, jika Anda memiliki batu ginjal, dokter menyarankan untuk minum sekitar tiga liter air sehari. Jika Anda aktif atau hidup dalam suhu panas, Anda mungkin ingin minum lebih dari jumlah tersebut.

    2. Minum jus lemon

    Jus lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Terutama batu kalsium, jenis batu ginjal yang paling umum, karena jus lemon mengandung sitrat.

    Kalsium dan oksalat memiliki afinitas satu sama lain, artinya akan saling menempel, membentuk kalsium oksalat. Ketika ini terjadi di saluran kemih, maka mengarah ke batu ginjal. Sitrat pada dasarnya melapisi endapan sehingga lebih banyak kalsium dan oksalat tidak dapat menggumpal.

    Sebuah studi kecil tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Urology menemukan bahwa minum dua liter air dengan empat ons jus lemon sehari menurunkan laju pembentukan batu. Dari 1,00 menjadi 0,13 per orang per tahun.
     

    Halaman Selanjutnya
      3. Coba jus delima…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id