4 Alasan Hindari Minum Air dari Botol Kemasan

    Torie Natalova - 16 September 2017 18:36 WIB
    4 Alasan Hindari Minum Air dari Botol Kemasan
    4 Alasan Hindari Minum Air dari Botol Kemasan
    medcom.id, Jakarta: Air putih merupakan cairan yang terbaik untuk dikonsumsi setiap hari. Tetapi, penelitian mengatakan minum air putih kemasan botol mungkin bukan yang terbaik untuk lingkungan Anda.

    Meskipun air putih kemasan tidak secara langsung merusak tubuh dan bumi, berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus menghindari minum air putih kemasan botol plastik dan pilih memakai botol yang dapat dicuci dan dipakai kembali.

    1. Dapat melepaskan bahan kimia berbahaya dalam air
    Plastik yang ditandai dengan kode daur ulang 3 atau 7 dapat melepaskan zat kimia yang disebut Bisphenol A (BPA). Lapisan luar plastik dapat rusak saat terkena panas seperti berada di dalam mobil yang panas, dipanaskan, radiasi UV dari matahari.

    Masalahnya, bila Anda menelan zat kimia berbahaya ini dapat mengubah fungsi sistem endokrin Anda. Pada manusia, paparan telah dikaitkan dengan penyakit kronis seperti diabetes, asma dan kanker.

    2. Bahan kimia plastik dapat membuat Anda kesulitan memiliki bayi
    Peneliti menemukan bahwa pria atau wanita yang menjalni proses bayi tabung dan memiliki kadar BPA tinggi di darah,urine dan lingkungan kerja. BPA dapat mengganggu pembuahan dan implantasi.

    3. Bahan kimia plastik dapat meningkatkan risiko penyakit jantung
    Paparan BPA yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. Peneliti menduga ini disebabkan oleh hubungan BPA dengan tekanan darah tinggi. BPA dapat meniru estrogen yang begitu masuk dalam sistem tubuh dan kadar hormon yang tinggi meningkatkan produksi protein plasma darah. Paparan BPA juga dapat menyebabkan penggumpalan darah dan komplikasi.

    4. Mengisi ulang air dalam botol plastik memicu bakteri berbahaya
    Tidak seperti botol kaca, botol plastik bekas dapat menampung bakteri jika terjadi retakan kecil. Botol dapat mengandung bakteri penyebab norovirus, flu dan batuk.



     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id